Potensi Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Keterampilan Menulis Ilmiah pada Mahasiswa Tadris IPA
Abstract
Menulis ilmiah merupakan suatu hal yang sangat penting dalam dunia pendidikan namun seiring dengan perkembangan zaman menulis ilmiah menjadi suatu kegiatan yang kurang diminati oleh generasi muda. Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) memiliki potensi untuk membantu mahasiswa dalam mengembangkan keterampilan tersebut. Penelitian ini bertujuan mengetahui respon mahasiswa terhadap pembelajaran CIRC dan mengetahui kemampuan menulis ilmiah mahasiswa IPA melalui model pembelajaran CIRC. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dan dianalisis secara deskriptif. Data didapatkan melalui online survey yang didistribusikan dengan menggunakan google form kemudian dikelompokkan dan dianalisis. Hasilnya mahasiswa IPA menunjukkan respon positif terhadap pembelajaran CIRC. Hal ini ditandai dengan kemampuan menulis ilmiah yang dimiliki mahasiswa IPA sangat baik dilihat dari perolehan nilai tiap indikator kemampuan menulis ilmiah dari mahasiswa IPA.
References
Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. UNISSULA Press.
Ariyana, I. K. S., & Suastika, I. N. (2022). Model Pembelajaran CIRC ( Cooperative Integrated Reading And Composition ) sebagai Salah Satu Strategi Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 203–211. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i1.2016
Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32.
Deng, Y., Kelly, G. J., & Deng, S. (2019). The Influences of Integrating Reading, Peer Evaluation, and Discussion on Undergraduate Students’ Scientific Writing. International Journal of Science Education, 41(10), 1408–1433. https://doi.org/10.1080/09500693.2019.1610811
Dewi, N. L. P. E. S. (2013). Meningkatkan Kemampuan Menulis Mahasiswa dengan Pengintegrasian Powers dalam Asessmen Portofolio Elektronik. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 244–254.
Hafizah. (2021). Kemampuan Menulis Makalah Ilmiah Mahasiswa Prodi Informatika Universitas Hhayangkara Jakarta Raya. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, April(29), 20–27.
Istikomayanti, Y., & Mitasari, Z. (2019). Pengembangan Keterampilan Menulis Ilmiah Mahasiswa Melalui Klinik Penulisan. Konstruktivisme, 11(1), 1–11.
Klucevsek, K. M., & Brungard, A. B. (2016). Information Literacy in Science Writing : How Students Find , Identify , and Use Scientific Literature Identify , and Use Scientific Literature. International Journal of Science Education, 0(October), 1–23. https://doi.org/10.1080/09500693.2016.1253120
Marfungah, A., Nugraheni, P., & Yuzianah, D. (2020). Pengaruh Model pembelajaran Cooperative Script dan CIRC dalam kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 779–786.
Marlina, E. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Linguistik pada Pembelajaran matematika Melalui Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). METAMORFOSIS: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 12(2), 12–16.
Masdafni. (2020). Pembelajaran Daring Menggunakan Video Animasi Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIC SMPN 1 Seberida. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1752–1763.
Nagari, M. F., Wikanengsih, & Nugraha, V. (2020). Analisis Kemampuan Menulis Karya Ilmiah di Kalangan Mahasiswa. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(September), 747–754.
Nurkanti, M., & Lubis, M. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Mahasiswa dalam Meningkatakan Keterampilan Membuat Karya Tulis Ilmiah. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendiidkan Dan Pembelajaran, 7(1), 1586–1592.
Pasmiati. (2011). Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Tulis Ilmiah Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Lembar Kerja Siswa Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Ungaran. Universitas Negeri Semarang.
Quílez, J. (2021). Supporting Spanish 11th Grade Students to Make Scientific Writing When Learning Chemistry in English : The Case of Logical Connectives Connectives. International Journal of Science Education, 0(April), 1–24. https://doi.org/10.1080/09500693.2021.1918794
Septafi, G. (2021). Analisis Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Angkatan 2019. ETJ: Educational Technology Journal, 1(2), 1–16.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Taufik, Erwin, & Khatimah, H. (2020). Model Pembelajaran CIRC pada Mata Kuliah Apresiasi Sastra “Mantra Mbojo” untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 1(2), 62–70.
Widodo, A., Jailani, A. K., Novitasari, S., Sutisna, D., & Erfan, M. (2020). Analisis Kemampuan Menulis Makalah Mahasiswa Baru PGSD Universitas Mataram. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, VI(1), 77–91.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Disahkan oleh Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia, 2012).
Copyright (c) 2023 Siti Nurjanah, Dwi Fitri Khotimah, Diah Susanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Tadris IPA Indonesia allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.