Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi melalui Model Guided Inquiry Berbasis Education for Sustainable Development pada Materi Biotik dan Abiotik

  • Uli Rodliyah IAIN Ponorogo
  • Wirawan Fadly IAIN Ponorogo
Keywords: Model Pembelajaran Guided Inquiry, Education for Sustainable Development, Kemampuan Kolaborasi

Abstract

Kemampuan kolaborasi termasuk dalam keterampilan abad 21 di kurikulum 2013. Sesuai hasil observasi awal di SMP Negeri 1 Sawoo kemampuan kolaborasi siswa tergolong rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan kolaborasi. Metode penelitian menggunakan kuantitatif jenis True Experimental Design menggunakan Pretest-Posttest Control Group. Teknik pengambilan data menggunakan Random Sampling dengan jumlah sampel 50 siswa yang dibagi kedalam dua kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa dan tes kemampuan kolaborasi. Analisis data menggunakan uji-t, ancova dan N-Gain. Hasil dari observasi keterlaksanaan pembelajaran tergolong baik. Observasi aktivitas siswa tergolong baik. Uji-t menunjukkan hasil hipoteis kemampuan kolaborasi siswa yang menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry berbasis Education for Sustainable Development lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Uji ancova menunjukkan model Guided Inquiry berbasis Education for Sustainable Development berpengaruh terhadap kemampuan kolaborasi siswa. Uji N-Gain didapat hasil tertinggi sebesar 72,4 pada indikator komunikasi dan hasil terendah pada indikator kontribusi sebesar 70,3

References

Akbar, M. A., Hikmawati, H., & Rokhmat, J. (2020). Pengaruh Model Guided Inquiry Learning terhadap Hasil Belajar Siswa di SMAN 1 Pringgarata. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 105. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.142

Aspridanel, A., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(2), 77–87.

Asyhari, A. (2015). Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 179–191. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.91

Fahmia, H., Karjiyati, V., & Dalifa, D. (2020). Pengaruh Model Guided Inquiry terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Siswa SD Kota Bengkulu. Juridiknas: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(3), 237–244. https://doi.org/10.33369/juridikdas.2.3.237-244

Hartini, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. 1(2), 6–16.

Kumalaretna, W. N. D., & Mulyono. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Karakter Kolaborasi dalam Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl). Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 195–205.

Kusumaningrum, M. E., Roshayanti, F., & Dewi, E. R. S. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Education For Sustainable Development (ESD) Berpotensi Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas X. 8.

Nurhayati, D. I., Yulianti, D., & Mindyarto, B. N. (2019). Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning pada Materi Gerak Lurus untuk. Unnes Physics Education Journal, 8(2), 218.

Octaviana, F., Wahyuni, D., & Supeno. (2022). Pengembangan E-LKPD untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2345–2353. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2332

Pathoni, H., & Susanti, N. (2017). Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson Study Menggunakan Model Guided Inquiry di MTS Laboratorium Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(4), 142–146. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i4.304

Perdana, K. R., Zainuddin, M., & Yuniawatika, Y. (2018). Pembelajaran Matematika Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Wahana Sekolah Dasar, 26(2), 43–50. https://doi.org/10.17977/um035v26i22018p043

Sarifah, F., & Nurita, T. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kolaborasi. Pendidikan Sains, 11(1), 22–31.

Satria, I., & Kusumah, R. G. T. (2019). Analisis Keterkaitan Motivasi Dan Apersepsi Terhadap Hasil Belajar IPS. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 114–123.

Segara, N. B. (2015). Educaition for Sustainable Development (ESD) Sebuah Upaya Mewujudkan Kelestarian Lingkungan. Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, 2(1), 22–30. https://doi.org/10.15408/sd.v2i1.1349

Trisianawati, E., & Darmawan, H. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Mahasiswa Berbasis Model Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(1), 60–71.

Wela, G. S., Sundaygara, C., & Yuli Pratiwi, H. (2020). PBL Dengan Pendekatan Multiple Representation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Kemampuan Kolaborasi. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(3), 209–220. https://doi.org/10.21067/jtst.v2i3.4711

Zega, A., Zagoto, M. M., & Dakhi, O. (2021b). Implementasi Model Guided Inquiry Berbantuan Media Pembelajaran SketchUp Pada Mata Kuliah Konstruksi Bangunan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 831–838. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2464

Published
2023-07-31
Section
Articles