Pengembangan LKPD POE Berbasis Scientific Literacy untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Ilmiah Peserta Didik
Abstract
Pembelajaran IPA dengan menggunakan keterampilan Abad 21 mengharuskan siswa terlibat aktif saat pembelajaran. Pembelajaran IPA pasti erat hubungannya dengan penyelidikan ilmiah, hipotesis, serta kepenulisan dari hasil penyelidikan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) validitas (2) kepraktisan (3) efektivitas. Adapun penelitian ini dirancang dengan metode R&D dengan model pengembangan ADDIE. Pengambilan data dilakukan dengan lembar validasi ahli, lembar angket kepraktisan, dan soal tes. Adapun lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Siman. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Sampel berjumlah 59 peserta didik kelas IX B sebagai kelas kontrol dan IX C sebagai kelas eksperimen. Data yang dihasilkan kemudian di analisis menggunakan uji validasi, uji kepraktisan, tes kemampuan menulis ilmiah, uji two tailed, uji one tailed, uji ancova, dan uji N-gain. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil bahwa LKPD POE berbasis scientific literacy dinyatakan (1) sangat valid mendapatkan persentase 94.5% (2) sangat praktis dengan persentase 100% (3) efektif melalui uji two tailed dengan hasil 0.00<0.005 H0 ditolak maka terdapat perbedaan kemampuan menulis kelas eksperimen dan kontrol. Uji one tailed dengan hasil 0.00<0.05 H0 ditolak maka terdapat peningkatan kemampuan menulis ilmiah siswa. Uji ancova mendapatkan hasil 0.00<0.05 maka dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan yang mempengaruhi hasil pre test dan post test kelas eksperimen dan kontrol. N-gain, pada uji N-gain mendapatkan hasil 61.26 dengan kategori sedang.
References
Archila, P. A., Molina, J., & de Mejía, A. M. T. (2021). Fostering bilingual written scientific argumentation (BWSA) through collaborative learning (CL): evidence from a university bilingual science course. International Journal of Science Education, 43(1), 1–29. https://doi.org/10.1080/09500693.2020.1844922
Asyhari, A. (2015). Profil peningkatan kemampuan literasi sains siswa melalui pembelajaran saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni [Journal of Physics Education Al-Biruni], 4(2), 179–191.
Chen, Y. C., Aguirre-Mendez, C., & Terada, T. (2020). Argumentative writing as a tool to develop conceptual and epistemic knowledge in a college chemistry course designed for non-science majors. International Journal of Science Education, 42(17), 2842–2875. https://doi.org/10.1080/09500693.2020.1837990
Dan, T. (2015). Teknik Menulis dan Kemampuan Berpikir Ilmiah. In Modul-3 (Issue 1998). Departement of Dryland Agriculture Management, Kupang State Agriculture Polytechnic.
Deng, Y., Kelly, G. J., & Deng, S. (2019). The influences of integrating reading, peer evaluation, and discussion on undergraduate students’ scientific writing. International Journal of Science Education, 41(10), 1408–1433. https://doi.org/10.1080/09500693.2019.1610811
Dermawan, D., Hanum, L., & Erlidawati. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Predict-Observe-Explain (POE) Pada Materi Redoks Di Kelas X SMAN 5 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK, 3(4), 150–157.
Fitriyati, I., Hidayat, A., & Munzil. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Penalaran Ilmiah Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(1), 27–34.
Hand, B., Prain, V., Lawrence, C., & Yore, L. D. (1999). A writing in science framework designed to enhance science literacy. International Journal of Science Education, 21(10), 1021–1035. https://doi.org/10.1080/095006999290165
Hariyadi, Bambang, Yusnaidar, dan D. O. A. (2022). Literasi Menulis ILmiah Guru-guru IPA di Sungai Gelam Muaro Jambi. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 12(1), 15–21. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/pena.vl2il.17731
Imaroh, R. D., & Fauziah, H. N. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Trieffinger Berbasis Reading Aloud untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Literasi Ilmiah Peserta Didik MTs Kelas VIII. Jurnal TAdris IPA Indonesia, 1(1), 68–72.
Istiqomah, N., Supriadi, B., & Nuraini, L. (2015). Analisis Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Menggunakan Lks Berbasis Poe ( Predict , Observe , Explain ) Berbantu Phet Simulation. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(4), 248–256.
Kemendikbudristek. (2023). Laporan Pisa Kemendikbudristek. Pemulihan Pembelajaran Indonesia, 1–25.
Klucevsek, K. M., & Brungard, A. B. (2016). Information literacy in science writing: how students find, identify, and use scientific literature. International Journal of Science Education, 38(17), 2573–2595. https://doi.org/10.1080/09500693.2016.1253120
Lelliott, A. (2014). Scientific literacy and the South African school curriculum. African Journal of Research in Mathematics, Science and Technology Education, 18(3), 311–323. https://doi.org/10.1080/10288457.2014.967935
Mun, K., Shin, N., Lee, H., Kim, S. W., Choi, K., Choi, S. Y., & Krajcik, J. S. (2015). Korean Secondary Students’ Perception of Scientific Literacy as Global Citizens: Using Global Scientific Literacy Questionnaire. International Journal of Science Education, 37(11), 1739–1766. https://doi.org/10.1080/09500693.2015.1045956
Nashiroh, P. K., Ekarini, F., & Ristanto, R. D. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbatuan Mind Map terhadap Kemampuan Pedagogik Mahasiswa Mata Kuliah Pengembangan Program Diklat. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 43. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22906
Nugraheni, A. S. (2020). Menulis Ilmiah Sebagai Budaya Akademis Di Perguruan Tinggi (2020th ed.). Pascasarjana Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Perguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga.
Nurika, M. M., Vitasari, M., & Taufik, A. N. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis POE dalam Melatih Keterampilan Proses Sains pada Tema Pelestarian Lingkungan. 6(3), 739–745.
Putri, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Predict Observe Explain pada Materi Biologi Kelas VII MTs 8 Tanah Datar (Vol. 26, Issue 2). Institut Agama ISlam Negeri Batusangkar.
Rasyid, M., Azis, A. A., & Saleh, A. R. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jurnal Pendidikan Biologi, 7, 69–80.
Sahara, C. A. (2021). Penyusunan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis poe (predict, observe, dan explain ) dengan pendekatan literasi sains untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi peserta didik (Issue April). INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PONOROGO.
Sholikah, L., & Pertiwi, F. N. (2021). Analysis of Science Literacy Ability of Junior High School Students Based on Programme for International Student Assessement (Pisa). INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 2(1), 95–104. https://doi.org/10.21154/insecta.v2i1.2922
Simon, U. K., Steindl, H., Larcher, N., Kulac, H., & Hotter, A. (2016). Young science journalism: Writing popular scientific articles may contribute to an increase of high-school students’ interest in the natural sciences. International Journal of Science Education, 38(5), 814–841. https://doi.org/10.1080/09500693.2016.1173260
Smith, K. V., Loughran, J., Berry, A., & Dimitrakopoulos, C. (2012). Developing Scientific Literacy in a Primary School. International Journal of Science Education, 34(1), 127–152. https://doi.org/10.1080/09500693.2011.565088
Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Sma Di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683–2694.
Tang, K. S. (2016). Constructing scientific explanations through premise–reasoning–outcome (PRO): an exploratory study to scaffold students in structuring written explanations. International Journal of Science Education, 38(9), 1415–1440. https://doi.org/10.1080/09500693.2016.1192309
Zahro, L., & Irawan, E. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan Pendekatan Scientific Literacy terhadap Keterampilan Presentasi Peserta Didik MTs Kelas VIII. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 2(1), 35–44.
Copyright (c) 2024 Anisaatur Rofiah, Ulinnuha Nur Faizah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Tadris IPA Indonesia allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.