Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Papan Pintar pada Materi Peran Fungi dalam Kehidupan Sehari-Hari di Kelas IV SD

  • Agustin Krismawati UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Lia Hikmatul Maula UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Muhammad Suwignyo Prayogo UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
Keywords: papan pintar; pembelajaran; peran fungi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu media pembelajaran IPA  yang bernama Papan Pintar pada materi peran fungi dalam kehidupan sehari-hari di kelas IV. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau Reserch and Development. Metode pengembangan mengacu pada model ADDIE. Subjek penelitian adalah kelas IV SDN Sempusari 02 Jember dengan jumlah siswa sebanyak 26 siswa yang terdiri dari 10 siswi perempuan dan 16  siswa laki-laki.  Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang berupa observasi berperan serta, wawancara, dan angket. Berdasarkan hasil uji coba dan analis penilaian dari ketiga ahli, kevalidan media pembelajaran papan pintar yang di kembangkan mendapatkan hasil uji kelayakan media papan pintar. Validasi media memperoleh skor 37 dengan rata-rata 4,63, validasi bahasa memperoleh skor 28 dengan rata-rata 4,13 dan validasi materi memperoleh skor 45 dengan rata-rata 4,5. Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran papan pintar memenuhi kriteria valid. Nilai yang membuktikan kepraktisan media pembelajaran papan pintar pada materi peran fungi dalam kehidupan sehari-hari memenuhi ketentuan praktis dengan rata-rata 89,87%

References

Amalia, N., Handayani, T., & Fitri, I. (2022). Pengaruh Media Papan Pintar Angka Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Ra Ar–Ridho Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 5361-5378.

Ariani, T., & Agustin, D. (2018). Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT): Dampak Terhadap Hasil Belajar Fisika. SPEJ (Science and Physics Education Journal, 1.

Dirman, Nufus, H., & Juarsih, C. (2014). Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik : Dalam rangka Implementasi Standar Proses Pendidikan Siswa. Rineka Cipta.

Febriandi, R., Susanta, A. & W. (2019). Validitas LKS Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Outdoor Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 2.

Gandjar, I. (2006). Mikologi dasar dan terapan. Yayasan Obor Indonesia.

Hidayat, F., & Muhamad, N. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. J. Inov. Pendidik. Agama Islam, 1(1), 28-37.

Lestari, F., Egok, AS., &, & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5, 395–405.

Linasari, R., & Arif, S. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 2(2), 186-194.

Nurfadhillah, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).

Nurhasanah, S. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PINTAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI REJOSARI. LJSE: Linggau Journal Science Education, 2(3), 75-84.

Oktaviana, A. N., & Trimulyono, G. (2018). Kelayakan Teoritis Media Video Mind Mapping Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas X Pada Materi Fungi. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 7(2), 187-193.

Reni Anggraeni, A. Y. L. S. (2018). Keterbacaan Buku Ajar Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama (Text Book Readability of Indonesian Language in Junior High School). Jurnal Bahas, Sastra Dan Pembelajarannya.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif & RND). Bandung: Alfabeta

Published
2023-07-31
Section
Articles