Pengembangan Buletin Berbasis Sosio-Scientific Issue sebagai Inovasi Media Pembelajaran Materi Pencemaran Udara

  • Anisatul Munawaroh IAIN Ponorogo
  • Emi Zulfa faridah IAIN PONOROGO
  • Fika Zakiya Al-Mustafid IAIN Ponorogo
Keywords: buletin, pencemaran udara, Socio-Scientific Issue

Abstract

Buletin juga diartikan sebagai suatu media cetak berbentuk selembaran atau majalah sederhana yang isinya memuat materi-materi yang bersifat esensial, sistematis dan jelas untuk menyampaikan pesan dalam menunjang proses belajar. Pendekatan yang diimplementasikan ke dalam buletin adalah socio-scientific issue untuk menyampaikan materi pencemaran udara Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan buletin berbasis socio-scientific issue sebagai media pembelajaran materi pencemaran udara sekaligus menguji kelayakan buletin sebagai media pembelajaran dari segi isi dan tampilan buletin.. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Metode pengembangan buletin menggunakan model 3D yang dimodifikasi dari 4D. Tahapan pengembangan meliputi define, design, dan develop. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi media buletin dan kelayakan media yang diisi oleh validator dan siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi media buletin. Setelah data diperoleh, data dianalisis dengan dihitung menggunakan rumus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata validasi dari kedua validator yang telah memvalidasi aspek materi, bahasa dan media yaitu sebesar 3,53 dan 3,69 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa buletin ini layak sebagai media pembelajaran. Buletin socio-scientific issue ini dapat memantik antusiasme siswa terhadap pelajaran dan melatih kemampuan berpikir kritis siswa dalam menanggapi isu-isu yang terjadi di dunia nyata.

References

Abd. Rahim, R., & Samsudin, M. A. (2017). The Effects of Science Learning Based on The Socio-Scientific Issues with Islamic Values on Learners’ Attitudes Towards The Socio-Scientific Issues. Journal of Nusantara Studies (JONUS), 2(2), 231. https://doi.org/10.24200/jonus.vol2iss2pp231-250

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100

Budiyono, A. (2001). Pencemaran Udara : Dampak Pencemaran Udara Pada Lingkungan.

El Arbid, S. S., & Tairab, H. H. (2020). Science teachers’ views about inclusion of socio-scientific issues in uae science curriculum and teaching. International Journal of Instruction, 13(2), 733–748. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13250a

Genisa, M. U., Subali, B., Djukri, Agussalim, A., & Habibi, H. (2020). Socio-scientific issues implementation as science learning material. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(2), 311–317. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i2.20530

Handayani, Z., Halim, A., & Khaldun, I. (2021). The Impact of Handbooks on the Concept Understanding and Learning Interests of Students on the Concept of Reaction Rate. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(2), 239. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i2.628

Ismiyati, I., Marlita, D., & Saidah, D. (2014). Pencemaran Udara Akibat Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTRANSLOG), 1(3), 241. https://doi.org/10.54324/j.mtl.v1i3.23

Lutfiyani, Y. N. A., & Astuti, D. W. (2020). Public Private Community Partnership: Potensi Keterlibatan Masyarakat dalam Pengembangan Wisata Edukasi Studi Kasus: Rumah Atsiri Indonesia. Sinektika: Jurnal Arsitektur, 15(2), 63–71. https://doi.org/10.23917/sinektika.v15i2.9859

Ngwenya, P., & Mavuru, L. (2021). Life sciences teachers’ views on teaching socio-scientific issues in genetics using an inquiry approach. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(10), 133–153. https://doi.org/10.26803/IJLTER.20.10.8

Nida, S., Rahayu, S., & Eilks, I. (2020). A survey of Indonesian science teachers’ experience and perceptions toward socio-scientific issues-based science education. Education Sciences, 10(2). https://doi.org/10.3390/educsci10020039

Nurhalisa, S. S. (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbantuan Canva Pada Pembelajaran IPA Dengan Pendekatan Saintifik. Ability: Journal of Education and Social …, 3(1), 37–45.

Ozden, M. (2020). Elementary school students’ informal reasoning and its’ quality regarding socio-scientific issues. Eurasian Journal of Educational Research, 2020(86), 61–84. https://doi.org/10.14689/ejer.2020.86.4

Putri, N. R., Kurniawan, E. S., & Fatmaryanti, S. D. (2015). Pengembangan Buletin Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Gerak Melingkar Pada Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 3 Purworejo Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Radiasi, 06(1), 24–29.

Sakamoto, M., Yamaguchi, E., Yamamoto, T., & Wakabayashi, K. (2021). An intervention study on students’ decision-making towards consensus building on socio-scientific issues. International Journal of Science Education, 43(12), 1965–1983. https://doi.org/10.1080/09500693.2021.1947541

Sari, R., Handayani, rif’ati D., & Putra, P. D. A. (2017). Pengembangan Buletin Mari Belajar IPA (MALAPA) Pada Pembelajaran IPA Di MTs Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(1), 40–47.

Siska, S., Triani, W., Yunita, Y., Maryuningsih, Y., & Ubaidillah, M. (2020a). Penerapan Pembelajaran Berbasis Socio Scientific Issues Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1), 22–32. https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1490

Siska, S., Triani, W., Yunita, Y., Maryuningsih, Y., & Ubaidillah, M. (2020b). Penerapan Pembelajaran Berbasis Socio Scientific Issues untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1), 22–32. https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1490

Solikin, I., & Amalia, R. (2019). Materi Digital Berbasis Web Mobile Menggunakan Model 4D. Sistemasi, 8(3), 321. https://doi.org/10.32520/stmsi.v8i3.461

Susanto, D. R., & Kiswantoro, A. (2020). Strategi Pengelolaan Wisata Susur Sungai Mahakam Berbasis Ekowisata di Samarinda. Journal of Tourism and Economic, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.36594/jtec.v3i1.49

Yasir, M. (2021). Pencemaran Udara di Perkotaan Berdampak Bahaya bagi Manusia, Hewan, Tumbuhan dan Bangunan [Preprint]. Open Science Framework.

Published
2023-07-31
Section
Articles