Pengembangan Bahan Ajar Berbasis STEM dengan Memanfaatkan Augmented Reality dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

  • Rizka Oktaviyanti IAIN Ponorogo
  • Ulum Fatmahanik IAIN Ponorogo
  • Wirawan Fadly IAIN Ponorogo
Keywords: Bahan Ajar, STEM, Augmented Reality, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektifitas bahan ajar berbasis STEM dengan memanfaatkan Augmented Reality dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi getaran, gelombang, dan bunyi di kelas VIII. Peneliti menggunakan metode Reseacrh and Development dengan model Borg and Gall yang meliputi draft produk, validasi, prototype, uji terbatas, dan produk akhir. Bahan ajar yang telah dibuat akan divalidasi oleh  dua dosen dan dua guru untuk menilai aspek konten, desain, dan konstruk. Pengumpulan data diperoleh melalui angket dan pretest posttest. Data yang telah terkumpul, kemudian dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Analisis deskriptif kuantitatif dilakukan menggunakan uji N-Gain dan uji independent t-test two tailed. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis STEM dengan memanfaatkan Augmented Reality dinyatakan valid digunakan, dengan rata-rata sebesar 84,4%. Tingkat kepraktisan bahan ajar yang dikembangkan yaitu sebesar 95%, artinya bahan ajar sangat baik dalam memberikan ketertarikan peserta didik untuk belajar serta materi dan bahasanya mudah dipahami. Bahan ajar tersebut juga efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi getaran, gelombang, dan bunyi dengan skor N-gain sebesar 60,34 atau kategori peningkatan sedang.

References

Aprilinda, Y., Endra, R. Y., Afandi, F. N., Ariani, F., Cucus, A., & Lusi, D. S. (2020). Implementasi Augmented Reality untuk Media Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Pertama. Explore:Jurnal Sistem informasi dan telematika, 11(2), 124–133.

Arifin, A. M., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran STEM dengan augmented reality untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 59–73. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.32135

Astuti, Y. P. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Group Investigation dengan Advance Organizer untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Pemecahan Masalah pada Siswa SMP. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 83.

Faizal, A., & Raharjo, S. (2021). Persepsi Masyarakat Kota Bandung terhadap Aksesibilitas dan Sarana Prasarana Bandar Udara Husein Sastranegara dan Bandar Udara Kertajati. Seminar Nasional dan Diseminasi Tugas Akhir, 286.

Febril, A. N., Aradia, F. F., Oktavia, F., & Fitri, R. (2022). Pengaruh Pendekatan STEM Terhadap Kem ampuan Berpikir Kritis Peserta Didik : Literature Review. Prosiding SEMNAS BIO 2022, 975.

Hidayati, A. R., Fadly, W., & Ekapti, R. F. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Bioteknologi. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 34–48.

Hidayati, I. Z. (2019). Penilaian Uji Validitas Instrumen Skrining Anemia Pada Siswa Madrasah Aliyah Islamic Center Baiturahman Banyuwangi. Majalah Kesehatan Masyarakat Aceh (MaKMA), 2(3), 51. https://doi.org/10.32672/makma.v2i3.1293

Hidayatunnajah, H. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Android Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Konsep Suhu Dan Kalor. In Skripsi UIN Syarif Hidayatullah.

Miaturrohmah, & Fadly, W. (2020). Looking at a Portrait of Student Argumentation Skills on the Concept of Inheritance (21st Century Skills Study). INSECTA, I(1), 19.

Muqodas, R. Z., Sumardi, K., & Berman, E. T. (2015). Desain dan Pembuatan Bahan Ajar Berdasarkan Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Sistem dan Instalasi Refrigerasi. Journal of Mechanical Engineering Education, 2(1), 108.

Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1), 37. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6

Nida Ervina, M., & Lestariningsih, N. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Flip and Pop Up Full GamesTerintegrasi Keislaman pada Konsep Sistem Pertahanan Tubuh Kelas XI. Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan (JPSP), 1(1), 14. https://doi.org/10.23971/jpsp.v1i1.2779

Nofianti, E., Nurhidayanti, A., Handayani, N. A., Rosana, D., & Wilujeng, I. (2022). Profil Berpikir Kritis Peserta Didik SMP pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(3), 480. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i3.23877

Sabrina, F., Hasnawati, & Anggraini, D. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik dengan Metode Permainan Sesiku untuk Pengetahuan Fenomena Gempa Bumi Siswa SD Kabupaten Kepahiang. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(3), 443–444.

Santoso, A. M., & Arif, S. (2021). Efektivitas Model Inquiry dengan Pendekatan STEM Education terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 74.

Sari, R., Handayani, R. D., & Putra, P. D. A. (2017). Pengembangan Buletin Mari Belajar IPA (MALAPA) Pada Pembelajaran IPA Di MTs Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(1), 42.

Sumaya, A., Israwaty, I., & Ilmi, N. (2021). Penerapan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Pinrang. PENISI: Journal of Education, 1(2), 218.

Susiawan, E. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mengoperasikan Sistem Operasi Komputer berdasarkan Masalah di Kelas X TEI SMK Negeri 2 Lamongan. Jurnal Pendidikan Elektro, 2(2), 549.

Taluke, D., Lakat, R. S. M., & Sembel, A. (2019). Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Spasial, 6(2), 534.

Vari, Y., & Bramastia, B. (2021). Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Abad 21 Di Pembelajaran IPA. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 132. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v10i2.57256

Vong, S. A., & Kaewurai, W. (2017). Instructional Model Development to Enhance Critical Thinking and Critical Thinking Teaching Ability of Trainee Students at Regional Teaching Training Center in Takeo Province, Cambodia. Kasetsart Journal of Social Sciences, 38(1), 88–95. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2016.05.002

Published
2023-11-30
Section
Articles