Penerapan Pembelajaran TGT Menggunakan Media Monopoli IPA terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Materi Tata Surya

  • Miftia Ainul Arifah Miftia UIN Salatiga
  • Fenny Widiyanti UIN Salatiga
Keywords: Teams Games Tournament, Monopoli IPA, Hasil Belajar, Tata Surya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media monopoli IPA materi tata surya di SMP Muhammadiyah 2 Ngawi. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan dua tahap atau dua siklus, di setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Ngawi dengan jumlah 20 siswa sedangkan untuk sumber datanya berasal dari guru kelas dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model Teams Games Tournament (TGT) dengan media monopoli IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tata surya. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil belajar pada siklus I diperoleh nilai rata-rata pre test 50,05 dengan ketuntasan 4 siswa atau 20% dan nilai rata-rata post test 62,4 dengan ketuntasan 9 siswa atau 45%. Sedangkan pada siklus II dapat dilihat peningkatan pesat dari nilai rata-rata pre test 72,75 dengan ketuntasan 15 siswa atau 75% dan nilai rata-rata post test 80,05 dengan ketuntasan 19 siswa atau 95%. Penelitian ini berhenti di siklus II karena pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan, yaitu ≥ 85% dari total jumlah siswa dalam satu kelas mendapat nilai ≥ 70.

References

Agustiya, F., Ali, S., dan Sri, H. (2017). Influence of CTL Model by Using Monopoly Game Media to The Student’s Motivation and Science Learning Outcomes. Journal of Primary Education. 6 (2). 114-119.

Arifin, E. G., Akhdinirwanto, R. W., & Fatmaryanti, S. D. (2014). Penggunaan permainan monopoli fisika dalam pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 4(1), 81-85.

Hafinah, W. R., Kusumawardani, R., & Usman, U. (2019). Pengaruh media monopoli terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit. Bivalen: Chemical Studies Journal, 2(2), 20-23.

Mardia, A dan Andi, F.J. (2017). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Monopoli Games Smart Terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika. 5 (1).

Pratiwi, Ari. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantu Media Monopoli untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI AK2 SMK Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Suprihatiningrum, Jamil. (2016). Strategi Pembelajaran Cetakan Ketiga. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Suyadi. 2010. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: Diva Press.

Warso, Agus Wasito Dwi Doso. (2017). Publikasi Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Cendekia.

Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2022). Metodologi pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Yudianto, Wisnu D, Kamin Sumardi & Ega T. Berman. (2014). Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Of Mechanical Engineering Education. 1 (2).

Published
2023-03-31
Section
Articles