Komparasi Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual dan Benda Nyata terhadap Kemampuan Representasi Peserta Didik

  • Ulfa Muhayaroh IAIN Ponorogo
  • Faninda Novika Pertiwi IAIN Ponorogo
Keywords: Problem Based Learning, Media Audio visual, Media Benda Nyata, Kemampuan Representasi.

Abstract

Pendidikan IPA menuntut peserta didik mampu merepresentasikan konsep yang diperoleh, namun berdasarkan observasi awal pada kelas VIII di MTs Al Khalily Maunah Sari kemampuan representasi peserta didik termasuk dalam kategori rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi peserta didik pada pembelajaran menggunakan model PBL dengan bantuan  media audiovisual dan pembelajaran model PBL berbantuan media benda nyata serta untuk mengetahui perbedaan kemampuan representasi peserta didik diantara keduanya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis weak eksperimental design dan desain the static group pretest-posttest design dengan populasi peserta didik kelas VIII di MTs Al-Khalily Maunah Sari. Sampel terdiri atas peserta didik kelas VIII B dan VII1 A. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes kemampuan representasi yang kemudian dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan representasi peserta didik dengan model PBL berbantuan media audiovisual termasuk kategori sedang dengan nilai 0,64 dan persentasenya pada kategori cukup efektif dengan nilai 64,92. sedangkan pembelajaran dengan model PBL berbantuan media Benda Nyata termasuk kategori tinggi dengan nilai 0,72 dan persentasenya kategori cukup efektif dengan nilai 72,12. Hasil uji t signifikansi 0,017 < 0,05, H0 ditolak. Sehingga terdapat perbedaan kemampuan representasi peserta didik antara yang menggunakan model PBL berbantuan audiovisual dan berbantuan media benda nyata.

References

Arsika, I. M. B., Sudiarawan, K. A., Dharmawan, N. K. S., Samsithawrati, P. A., Widhyaastuti, I. G. A. A. D., & Mahartayasa, M. (2019). Buku Pedoman Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(2), 164–173.

Chaifa, D. E., Diantoro, M., & Mahanal, S. (2017). Profil Kemampuan Representasi Peserta Didik SMP Pada Materi Interaksi Mahluk Hidup Dengan Lingkungan. Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi Dan Saintek) Ke-2.

Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95–101. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2906

Farhan, M., & Retnawati, H. (2014). Keefektifan PBL dan IBL ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Representasi Matematis, dan Motivasi Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 227. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2678

Fitri, N., Munzir, S., & Duskri, M. (2017). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 4(1), 59–67. https://doi.org/10.24815/jdm.v4i1.6902

Ilham, H. (2018). Problem Based Learning dengan Strategi Konflik Kognitif Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 7(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v7i1.2887

Jannah, A. R., Rahmawati, I., & Reffiane, F. (2020). Keefektifan Model PBL Berbantu Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 342–350.

Nadlah, I. (2012). Peranan Media Benda Nyata ( Makhluk Hidup ) Divariasikan dengan Papan Gabus Dapatmeningkatkan Hasil Belajar Materi Spermatophyta ( Tumbuhan Biji). Jurnal Penelitian Pendidikan Unnes, 29(2), 123780.

Oktari, S., Dewi Koeswati, H., & Giarti, S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audiovisual Kelas Iv Sd. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 316. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.378

Purwono, J. dkk. (2018). Penggunaan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 127–144.

Rizal, M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Multi Representasi terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains, 2(3), 159–165.

Santiani, N. W., Sudana, D. N., & Tastra, I. D. K. (2017). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Konkret terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD, 5(2), 1–11.

Sarwanto, S. (1976). Analisis Kemampuan Representasi Mahasiswa Pendidikan Sains Pps Uns. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 3(2), 16–24.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Syamsidah, S., & Hamidah, H. (2018). Buku Model Problem Based Learning. Deepublish, 1(1).

Tambunan, P., Ardhiansyah, M. F., & Kurniawan, M. G. (2020). Pengaruh Suasana Lingkungan Belajar Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Produktif. Jurnal PenSil, 9(3), 165–171. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i3.16674

Widodo, L. W. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49).

Published
2023-07-31
Section
Articles