Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sosio Scientific Issue pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Analitis Siswa

  • Yuninda Adumiranti IAIN Ponorogo
  • Retno Widyaningrum IAIN Ponorogo
Keywords: Kemampuan analitis, Socioscientific issue, Pencemaran Lingkungan

Abstract

Semakin majunnya pendidikan menuntut siswa untuk memiliki kemampuan berpikir lebih tinggi. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan analitis. Pendekatan socioscientific issue dapat meningkatkan berpikir tinggi dengan menyelesaikan masalah. Pada pengamatan bahan ajar terdapat beberapa komponen yang belum lengkap. Maka perlu adanya pengembangan bahan ajar pada tema pencemaran lingkungan untuk meningkatkan kemampuan analitis.Penelitian ini bertujuan untuk  (1) mengetahui validitas dan reliabitas bahan ajar socio scientific issue, (2) Penerapan bahan ajar socioscientific issue dan (3) keefektifan bahan ajar socioscientific issue dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development, dengan melakukan beberapa langkah dari model penelitian Brog and Gall. Pada hasil validasi dan reliabilitas, bahan ajar dihasilkan bahan ajar yang valid dan reliabitas. Pada keterlaksanaan dianalisis dengan mengakumulasi persentase respon observer dan juga siswa untuk melihat keterlaksanaan dari bahan ajar. Hasil akhir observer, bahan ajar dikategorikan keterlaksanaan yaitu 67% menyatakan cukup terlaksana dan 33% menyatakan terlaksana  dengan baik. Keefektifan bahan ajar dapat dilihat dari hasil akhir rata-rata nilai N Gain sebesar 0,5625. Dengan hasil tersebut, taraf efektifitas  bahan ajar dikategorikan  sedang. Sedangkan pada hasil setiap indikator kemampuan analitis mengalami peningkatan.

References

David, M., Susanti, D., & Kurniasih, R. (2020). Pedagogical Use of Dramatic Performance Through Science Subject for Peace Education in Paraguay. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(2), 110–120. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i2.2182

Desti, B., & Hadinugrahaningsih, T. (2020). Pengembangan Kemampuan Berpikir Analitis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Prepare, Do, Review pada Materi Indikator Asam Basa. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 10(2), 69–78.

Fitriyah, D. N., Santoso, H., & Suryadinata, N. (2018). Bahan Ajar Transformasi Geometri Berbasis Discovery Learning melalui Pendekatan Etnomatematika. Jurnal Elemen, 4(2), 145. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.705

Hasyim, F. (2018). Mengukur Kemampuan Berpikir Analitis Dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Calon Guru Fisika Stkip Al Hikmah Surabaya Measuring Pre-Service Physics Teachers’ Analytical Thinking Ability and Science Process Skills of Stkip Al Hikmah Surabaya. Jurnal Pendidikan Ipa Veteran, 2(1), 80–89.

Ilma, R., Hamdani, A. S., & Lailiyah, S. (2017). Profil Berpikir Analitis Masalah Aljabar Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.15642/jrpm.2017.2.1.1-14

Imaduddin, M., & Khafidin, Z. (2018). Ayo Belajar IPA dari Ulama: Pembelajaran Berbasis Socio-Scientific Issues di Abad ke-21. Thabiea: Journal of Natural Science Teaching, 1(2), 102–120.

Kinskey, M., & Zeidler, D. (2021). Elementary Preservice Teachers’ Challenges in Designing and Implementing Socioscientific Issues-Based Lessons. Journal of Science Teacher Education, 32(3), 350–372. https://doi.org/10.1080/1046560X.2020.1826079

Rachmawati, R. C., & Diningsih, E. (2021). Pengenalan Sosio Scientific Issue secara Daring terhadap Kemampuan Penalaran Siswa. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 15(1), 31–36. https://doi.org/10.26877/mpp.v15i1.7840

Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59–72. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i1.2613

Siska, S., Triani, W., Yunita, Y., Maryuningsih, Y., & Ubaidillah, M. (2020). Penerapan Pembelajaran Berbasis Socio Scientific Issues Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1), 22–32. https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1490

Ummu Jauharin Farda, Achmad Binadja, E. P. (2016). Validitas Pengembangan Bahan Ajar Ipa Bervisi Sets. Journal of Primary Education, 5(1), 36–41. https://doi.org/10.15294/jpe.v5i1.12890

Wang, H. H., Chen, H. T., Lin, H. S., Huang, Y. N., & Hong, Z. R. (2017). Longitudinal study of a cooperation-driven, socio-scientific issue intervention on promoting students’ critical thinking and self-regulation in learning science. International Journal of Science Education, 39(15), 2002–2026. https://doi.org/10.1080/09500693.2017.1357087

Yulianti, D. (2017). Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA. 6(3).

Yulina, I. K., Permanasari, A., Hernani, H., & Setiawan, W. (2019). Analytical thinking skill profile and perception of pre service chemistry teachers in analytical chemistry learning. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042046

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.21831/jorpres.v13i1.12884

Yuwono, G. R., Sunarno, W., & Aminah, N. S. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Analitis Pada Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Ranah Pengetahuan. Edusains, 12(1), 106–112. https://doi.org/10.15408/es.v12i1.11659

Published
2022-07-31
Section
Articles