PENGARUH PELAKSANAAN METODE ACTIVE LEARNING TIPE HOME VISIT DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 SAWOO PONOROGO TAHUN AJARAN 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh secara persial maupun simultan antara pelaksanaan metode active learning tipe home visit dan lingkungan teman sebaya terhadap motivasi belajar IPS. Penelitian ini dirancang dengan metode kuantitatif, deskriptif, dan verifikatif menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda, Analisis Koefisien Determinasi, Uji T dan Uji F. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Sawoo Ponorogo. Ada 53 siswa kelas VIII C-D yang dijadikan populasi dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan dokumentasi dan angket untuk mengumpulkan data. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa terdapat pengaruh signifikan pelaksanaan metode active learning tipe home visit terhadap motivasi belajar IPS dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 34,5%, dan nilai t hitung 4,476 > t tabel sebesar 1,994 dengan nilai signifikan (sig) 0.000 < 0,05, selanjutnya terdapat pengaruh signifikan lingkungan teman sebaya terhadap motivasi belajar IPS dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 22,7% dan nilai t hitung 3,023 > t tabel sebesar 1,994 dengan nilai signifikan (sig) 0.004 < 0,05, dan terdapat pengaruh signifikan pelaksanaan metode active learning tipe home visit dan lingkungan teman sebaya terhadap motivasi belajar IPS dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 44,5% dan nilai F hitung 20,425 > F tabel 3,11 dengan nilai signifikan (sig) 0.000 < 0,05.