UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII D (STUDY MATA PELAJARAN IPS TERPADU) DI SMP 1 MA'ARIF PONOROGO
Abstract
Berdasarkan hasil analisis yang peneliti peroleh, Terlihat bahawa upaya guru mata pelajaran ips
terpadu dalam meningkatkan kedisiplinan siwa SMP Ma’arif 1 ponorogo yaitu: Sebelum memelui
pemebelajran guru memriksa satu-persatu siswa apakah siswa sudah rapi dalam pakeian, agar siswa rapi
dan yaman ketika pemebelajaran sudah dimulai, guru jugak menekankan peraturan-peraturan saat
berada di sekolah maupun di dalam kelas, guru memerintahkan para siswa mambaca do’a sebelum
memeluai pembelajaran dikelas VIII D, setelah berdo’a seluruh siswa akan di absensi kehadiranya di
karena adanya absensi guru bisa mengetahui sispa saja siswa yang tidak hadir, setelah absensi guru baru
memulai pembelajaran seperti biasanya dan ketika jam pulang guru jugak tidak lupa memberikan tugas
rumah (PR) agar di rumah siswa bisa belajar. Problematika guru dalam meningkatan kedisiplinan siswa
kelas VIII D SMP Ma’arif 1 Ponorogo. Kurangnya dukungan dan peran dari orang tua maupun keluarga,
Pergaulan dan pengaruh negatif dari lingkungan tempat tinggal siswa, Kurangnya motivasi, kurang
pahamnya siswa terkait apa itu pendidikan karakter, dan mindset dari peserta didik. Bagaimana Solusi
Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siwa Kelas VIII D Smp Ma’arif 1 Ponorogo. Sedangkan solusi atas
disiplin siswa dalam proses pembelajaran di kelas VIII D SMP Ma’arif 1 Ponorogo.