PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM MENGEMBANGKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU

  • Muhammad Ikhsan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Muhammad Syafiq Humaisi Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Keywords: Audio Visual Learning Media, Learning Motivation

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keingin tahuan peneliti dalam pemanfaatan media pembelajaran audio visual yang ada di SMP Negeri 1 Jenangan, Media audio visual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar, Jenis media ini mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih baik karena meliputi suara dan gambar. Untuk menunjang kesuksesan media ini haruslah dengan sarana dan prasarana yang memadai dan layak untuk difungsikan. Sejumlah peralatan yang dipakai oleh para guru dalam menyampaikan konsep, gagasan dan pengalaman yang ditangkap oleh indera pandang dan pendengaran berdasarkan pengertian-pengertian yang telah diberikan. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis audio visual didasari adanya masalah rendahnya motivasi belajar peserta didik dalam proses pembelajaran yang menyebabkan peserta didik kurang aktif dalam memperhatikan pelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Menggunakan studi kasus karena dalam penelitian, peneliti menekankan pada penjelasan kasus, yakni pemanfaatan media audio visual pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Jenangan. Data yang didapatkan dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi.

 

ABSTRACT

This research was motivated by the researcher's curiosity in the use of audio-visual learning media at SMP Negeri 1 Jenang. Audio-visual media is media that has sound and image elements. This type of media is able to provide a better learning experience because it includes sound and images. . To support the success of this media, it must be with adequate facilities and infrastructure that are appropriate to function. A number of tools used by teachers in conveying concepts, ideas and experiences that are captured by the sense of sight and hearing based on the meanings that have been given. The use of audio-visual based learning media is based on the problem of low learning motivation of students in the learning process which causes students to be less active in paying attention to lessons. This research uses a qualitative approach with the type of case study research. Using case studies because in research, researchers emphasize case explanations, namely the use of audio-visual media in Integrated Social Studies subjects at SMP Negeri 1 Jenang. The data obtained by using observation data collection techniques, interviews and documentation.

Published
2021-01-30
How to Cite
Muhammad Ikhsan, & Muhammad Syafiq Humaisi. (2021). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM MENGEMBANGKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(1), 1-12. https://doi.org/10.21154/jiipsi.v1i1.45
Section
Articles