PERAN MODEL PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR IPS SISWA KELAS VII D DI SMP NEGERI 1 BALONG PONOROGO
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh metode pembelajaran tradisional yang menggunakan metode ceramah tidak melibatkan siswa aktif, sangat merugikan siswa dalam penerimaan pelajaran, siswa pasif dan cenderung sibuk sendiri berbicara dengan teman yang lain, tidak memperhatikan pembelajaran di kelas dengan baik, mengantuk dan bosan serta sebagian siswa tidak mau mengerjakan tugas pada mata pelajaran IPS. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil dari model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture untuk menumbuhkan minat belajar khususnya bagi siswa kelas VII D pada mata pelajaran IPS. Maka penelitian ini difokuskan pada model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dalam menumbuhkan minat siswa dalam belajar IPS. Jenis dari penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat studi kasus, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman dengan urutan langkah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture sangat disukai oleh siswa karena lebih menyenangkan dan juga tidak monoton seperti menggunakan metode ceramah yang membuat peserta didik cepat merasa bosan dan bahkan tidak memperhatikan pelajaran. (2) penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berhasil dalam menumbuhkan minat siswa dalam belajar IPS.
ABSTRACT
This research is motivated by traditional learning methods that use the lecture method which does not involve active students, it is very detrimental to students in acceptance of lessons, students are passive and tend to be busy talking to other friends by themselves, do not pay attention to learning in class properly, are sleepy and bored and some students do not. want to do assignments on social studies subjects. The purpose of this study was to determine the results of the picture and picture cooperative learning model to foster interest in learning, especially for class VII D students in social studies subjects. So this research is focused on the cooperative learning model type picture and picture in fostering student interest in learning social studies. The type of this research is field research which is case study in nature. The data collection technique uses observation, interview and documentation methods. The data analysis technique used the Miles and Huberman analysis with a sequence of data reduction steps, data presentation, and data verification. The results of this study indicate that (1) the implementation of learning using the picture and picture cooperative learning model is very liked by students because it is more fun and also not monotonous such as using the lecture method which makes students quickly feel bored and even doesn't pay attention to the lesson. (2) the use of the picture and picture cooperative learning model succeeded in fostering student interest in learning social studies.