PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS TERPADU PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI

  • Siti Nurjanah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Risma Dwi Arisona Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan suatu bentuk analisis terhadap model pembelajaran PBL yang diterapkan pada saat proses pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran yang tepat sangatlah penting dilakukan, karena hal tersebut merupakan salah satu faktor yang mampu mempengaruhi motivasi belajar siswa. Seperti halnya proses pembelajaran di SMPN 2 Ponorogo yang menggunakan ceramah hasilnya masih kurang efektif, hal tersebut dilihat ketika pelaksanaan  magang 2 sebelumnya. Penelitian ini berfokus untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap motivasi belajar IPS Terpadu pada materi kegiatan ekonomi. Oleh karena itu peneliti menyusun pertanyaan yang akan dijawab, yaitu: Apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap motivasi belajar IPS Terpadu pada materi kegiatan ekonomi? Jenis penelitian yang diambil dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dimana penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Ponorogo, dengan jumlah sampel yang diambil sebesar 64 siswa. Metode penelitian survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil pengujian data yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS Versi 25 memperoleh hasil thitung sebesar 3,808 dan ttabel sebesar 1,997 (thitung>ttabel)  atau jika dilihat dari sisi sig. 2 tailed 0,000 < 0,05, yang artinya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar IPS Terpadu pada materi kegiatan ekonomi.

 ABSTRACT

This research is a form of analysis of the PBL learning model that is applied during the learning process. Choosing the right learning model is very important, because this is one of the faktors that can affect student learning motivation. As with the learning process at SMPN 2 Ponorogo which uses lectures, the results are still ineffective, this can be seen during the implementation of the previous internship 2. This study focuses on determining the effect of the Problem Based Learning model on learning motivation for Integrated Social Studies on economic activity material. Therefore, the researchers compiled the questions to be answered, namely: Is there a significant effect of the Problem Based Learning learning model on the Integrated Social Studies learning motivation on economic activity material?The type of research taken in this study is experimental research, where this research was conducted at SMP Negeri 2 Ponorogo, with a total sample of 64 students. Survey research method with data collection techniques using questionnaires and documentation. The results of data testing performed using the SPSS version 25 application obtained the tcount of 3.808 and ttable of 1.997 (tcount> ttable) or when viewed from the sig side. 2 tailed 0.000 <0.05, which means that the Problem Based Learning (PBL) learning model has a significant effect on the Integrated Social Studies learning motivation on economic activity material.

Published
2021-01-30
How to Cite
Siti Nurjanah, & Risma Dwi Arisona. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS TERPADU PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(1), 13-23. https://doi.org/10.21154/jiipsi.v1i1.42
Section
Articles