IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU

  • Aan Alif Maulana Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Nastiti Mufidah
Keywords: implementasi, model pembelajran PAIKEM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap
minat belajar IPS siswa kelas VII di SMPN 2 Jetis. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kauntitaif dengan jenis ex-post facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket
dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Jetis
sejumlah 60 siswa. Sampel yang digunakan sejumlah 60 siswa karena penelitian ini
menggunakan teknik sampling jenuh yakni seluruh populasi dijadikan sampel. Analisis data
menggunakan uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas serta uji hipotesis
menggunakan analisis regresi sederhana menggunakan bantuan aplikasi SPSS 25. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa nilai P-value (0,002) < α (0,05). Berdasarkan hasil analisis data
dan pengujian hipotesis, perhitungan menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, dari
perhitungan di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signikan dari pergaulan
teman sebaya terhadap minat belajar IPS siswa kelas VII di SMPN 2 Jetis. Adapun nilai Rsquare
sebesar 0,151. Nilai tersebut menggambarkan bahwa variabel pergaulan teman sebaya
berpengaruh sebesar 15,1% terhadap minat belajar IPS siswa sedangkan 84,9% dipengaruhi
oleh faktor lain yang tidak dijelaskan lebih lanjut pada penelitian ini.

Published
2024-06-30
How to Cite
Maulana, Aan Alif, and Nastiti Mufidah. 2024. “IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU”. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia 4 (2). https://doi.org/10.21154/jiipsi.v4i2.3764.
Section
Articles