UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI SISWA MELALUI BAHAN AJAR BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTS SULAMUL HUDA

  • Titis Anggun Mutiani IAIN Ponorogo
  • Arsyad Muhammad Sajjad Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Keywords: augmented reality, bahan ajar, minat, motivasi, pembelajaran.

Abstract

Pendidikan yang efektif adalah sesuatu yang dapat membangkitkan minat dan motivasi siswa dalam belajar. Salah satu cara untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa adalah dengan menggunakan teknologi augmented reality di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berbasis augmented reality di MTs Sulamul Huda dan menganalisis dampak materi tersebut terhadap motivasi dan sikap belajar siswa. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Pada Metode pengumpulan data yang digunakan dalam melakukan penelitian ini ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan meliputi, reduksi data, penyajian data dan conclusion. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis augmented reality dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, disarankan agar guru di MTs Sulamul Huda dan sekolah lainnya dapat menggunakan teknologi augmented reality dalam pembelajarannya untuk meningkatkan motivasi dan minat siswa.

Published
2024-06-30
How to Cite
Anggun Mutiani, Titis, and Arsyad Muhammad Sajjad. 2024. “UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI SISWA MELALUI BAHAN AJAR BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTS SULAMUL HUDA”. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia 4 (2). https://doi.org/10.21154/jiipsi.v4i2.3760.
Section
Articles