PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP MANAJEMEN WAKTU BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IX SMPN 1 RAMBIPUJI

  • Rizqy Oktania Prasetya Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Muhammad Eka Rahman Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Abstract

Kemajuan teknologi dan pengetahuan buatan manusia dengan segala kecanggihan yang dipunyai yaitu media sosial Tiktok. Pendidikan tidak lepas dari penggunaan media sosial Tiktok sebagai fasilitator dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Keberhasilan suatu pendidikan dapat diketahui dari manajemen waktu belajar.Fokus penelitian ini ialah: 1).Adakah pengaruh penggunaan media sosial Tiktok terhadap terhadap manajemen waktu belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Rambipuji Jember tahun pelajaran 2023/2024.Tujuan penelitian ini ialah: 1.Mengetahui pengaruh penggunaan media sosial tiktok terhadap manajemen waktu belajar pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di kelas IX SMP Negeri 1 Rambipuji 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Ex Post Facto yang dilakukan di SMP Negeri 1 Rambipuji. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Populasi peneliti seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 62. Teknik sampling menggunakan jenis Simple Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan: tidak terjadi pengaruh yang signifikan antara media sosial tiktok manajemen waktu belajar terhadap pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IX SMPN 1 Rambipuji. Hal ini dapat terlihat dari nilai siginifikansi sebesar sig<0,108>0,05, yang dapat disimpulkan bahwa pengaruh media sosial tiktok manajemen waktu belajar stuterhadap pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IX SMPN 1 Rambipuji sebesar 6 %. Sedangkan 94 % lainya berasal dari faktor lain yang tidak tercantum dalam penelitian ini.

Kata kunci: Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Metode Active Learning Tipe True or False

 

Published
2024-06-29
How to Cite
Prasetya, Rizqy Oktania, and Muhammad Eka Rahman. 2024. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP MANAJEMEN WAKTU BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IX SMPN 1 RAMBIPUJI”. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia 4 (2). https://doi.org/10.21154/jiipsi.v4i2.3757.
Section
Articles