IMPLEMENTASI PENILAIAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 2 AJUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

  • Lisa Maudy Susanto UIN KH Achmad Siddiq Jember
  • Anindya Fajarini Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
Keywords: Penilaian, Higher Order Thinking Skills (HOTS), Pembelajaran IPS

Abstract

Pada konteks penilaian hasil belajar, paradigma yang semakin ditekankan adalah Higher Order Thinking Skills (HOTS). Standar penilaian yang mengintegrasikan HOTS diharapkan mampu merangsang siswa untuk berpikir lebih kompleks dan mendalam tentang materi yang dipelajari, sehingga proses pembelajaran tidak sekadar menciptakan pemahaman, tetapil juga kemampuan analisis, sintesis, dan evaluasi yang lebih tinggi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini ialah 1) Perencanaan penilaian berbasis HOTS dalam pembelajaran IPS di SMPN 2 Ajung yakni; menetapkan tujuan penilaian, bentuk penilaian, memilih teknik penilaian, menyusun kisi-kisi, menyusun soal, serta menyusun pedoman penskoran. 2) Bahwa pelaksanaan penilaian berbasis HOTS di SMPN 2 Ajung dalam pembelajaran IPS ini masih menggunakan soal dengan level kognitif C2, soal-soal tersebut yang diberikan belum termasuk ke dalam karakteristik soal HOTS. Frekuensi penilaian ini ditetapkan melalui analisis Kompetensi Dasar (KD). Serta alat dan penskoran yang digunakan dengan melakukan tes tulis atau tes lisan, tugas-tugas, observasi, ataupun portofolio. 3.) dari evaluasi terhadap penilaian berbasis HOTS dalam pembelajaran IPS di SMPN 2 Ajung, ditemukan bahwa guru melakukan evaluasi dengan langkah-langkah seperti merumuskan masalah, menentukan model pembelajaran, memilih alat pembelajaran, dan merencanakan evaluasi. Instrumen evaluasi yang digunakan terdiri dari tes tulis yang mencakup soal pilihan ganda, soal uraian, dan evaluasi lisan.

Published
2024-06-29
How to Cite
Susanto, Lisa Maudy, and Anindya Fajarini. 2024. “IMPLEMENTASI PENILAIAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 2 AJUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023”. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia 4 (2). https://doi.org/10.21154/jiipsi.v4i2.3720.
Section
Articles