NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM KELUARGA CEMARA KARYA YANDY LAURENS SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI MATERI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP

  • Yuslima Bintang Hakiki Universitas Sebelas Maret
  • Ani Rakhmawati Universitas Sebelas Maret
  • Ari Suryawati Secio Chaesar Universitas Sebelas Maret

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam film Keluarga Cemara dan pemanfaatan media film Keluarga Cemara sebagai materi penguatan Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah film Keluarga Cemara, buku, jurnal, dan guru sebagai narasumber. Hasil penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter dalam film Keluarga Cemara yang sesuai dengan program Penguatan Pendidikan Karakter ada empat, yakni nilai religius, mandiri, integritas, dan gotong royong. Nilai religius ditandani dengan kejujuran yang dimiliki Abah, Emak, dan Euis. Nilai mandiri ditunjukkan oleh Euis sebagai anak pertama. Nilai integritas ditunjukkan dengan tanggung jawab Abah sebagai kepala rumah tangga. Nilai gotong royong ditunjukkan oleh tetangga yang membantu keluarga Abah. Kemudian, menurut guru bahasa Indonesia sebagai narasumber disampaikan bahwasanya film Keluarga Cemara dapat dimanfaatkan untuk materi penguatan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP karena memiliki cerita yang menarik dan mengandung nilai-nilai pendidikan karakter.

Kata kunci: Nilai pendidikan karakter, film, dan Profil Pelajar Pancasila

Published
2024-06-29
How to Cite
Yuslima Bintang Hakiki, Ani Rakhmawati, and Ari Suryawati Secio Chaesar. 2024. “NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM KELUARGA CEMARA KARYA YANDY LAURENS SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI MATERI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP”. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia 4 (2). https://doi.org/10.21154/jiipsi.v4i2.2979.
Section
Articles