UPAYA MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA SISWA KELAS IX MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MATA PELAJARAN IPS

  • Makhrus Ghufron UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Binti Maunah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
Keywords: Model Pembelajaran, Numbered Head Together, kerjasama

Abstract

Pembelajaran dalam kelas IX terutama pada pembelajaran IPS seperti halnya pembelajaran yang dirasa membosankan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif Numberd Head Togeteher untuk meningkatkan sikap kerja sama siswa kelas IX di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together kelas IX di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar efektif siswa menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran dan meningkat dalam kerja sama dengan siswa lain, siswa menjadi lebih senang dalam pembelajaran, siswa menjadi lebih paham akan tujuan pembelajaran, siswa menjadi lebih tekun dalam belajar.

Published
2024-06-29
How to Cite
Ghufron, Makhrus, and Binti Maunah. 2024. “UPAYA MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA SISWA KELAS IX MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MATA PELAJARAN IPS ”. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia 4 (2). https://doi.org/10.21154/jiipsi.v4i2.2924.
Section
Articles