UPAYA GURU IPS DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN SOSIAL PADA PESERTA DIDIK
Abstract
Keterampilan sosial mencakup kemampuan untuk membina hubungan yang positif, menyelesaikan konflik hasil dari interaksi sosial dengan lingkungan, dan beradaptasi dengan norma yang berlaku. Penguasaan keterampilan ini dapat membantu anak-anak menjadi lebih berani dalam menyampaikan pendapat, mengajukan diri, serta mengungkapkan perasaan mereka. Guru IPS berupaya meningkatkan keterampilan sosial peserta didik dengan menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai, seperti melibatkan diskusi dalam menangani permasalahan yang muncul, mengajak peserta didik untuk berpartisipasi dalam kegiatan kerja bakti, dan tindakan lainnya. Dalam upaya meningkatkan keterampilan sosial, guru dapat menggunakan model pembelajaran inkuiri dan kooperatif. Model pembelajaran inkuiri mengedepankan proses berpikir sistematis, kritis, dan analitis, sementara pembelajaran kooperatif melibatkan pengelompokan atau kerja tim. Melalui diskusi yang mengarah pada penyelesaian masalah, siswa dapat mengatasi permasalahan hidup mereka dan mengembangkan kemampuan mencari solusi. Melibatkan siswa dalam kegiatan kerja bakti juga dapat mengembangkan keterampilan sosial mereka, membentuk kelompok, melatih kerjasama, dan menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan menyenangkan. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif deskriptif karena fenomena yang diamati tidak dapat diukur dalam bentuk angka, sehingga penelitian lebih fokus pada deskripsi mendalam fenomena sekitar. Sumber data utama diperoleh melalui wawancara dan observasi langsung di lapangan, sementara data sekunder diperoleh melalui dokumentasi dan studi kepustakaan dengan menggunakan media cetak, internet, serta catatan lapangan. Pendekatan ini memberikan gambaran komprehensif tentang usaha guru IPS dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa, memperkaya pemahaman terkait dampak strategi pembelajaran yang diimplementasikan dalam konteks pendidikan.
Copyright (c) 2024 rosita fatmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.