PELAKSANAAN PROGRAM PEMBIASAAN MUHADHARAH DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP SOSIAL SISWA

  • Afif Zaki Mukhlishon Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Nastiti Mufidah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Keywords: Sikap Sosial, Program Pembiasaan, Muhadharah

Abstract

Sikap sosial adalah tindakan seseorang dalam merespons sesuatu yang sedang dihadapi. Sikap sosial harus ada pada diri siswa untuk bekal kehidupannya di masa depan dan bermasyarakat. Siswa SMPN 1 Sambit memiliki sikap sosial yang baik, seperti toleransi, peduli, percaya diri, dan lainnya. SMPN 1 Sambit melaksanakan muhadharah yang bertujuan untuk mengembangkan sikap sosial siswa. Pada umumnya muhadharah dilaksanakan di MTs. maupun Pondok Pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program pembiasaan muhadharah dalam mengembangkan sikap sosial siswa SMPN 1 Sambit. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisa Miles, Huberman, dan Saldana. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi dan pemanfaatan sumber referensi. Kesimpulan penelitian ini yakni 1) strategi pelaksaan program muhadharah dengan membentuk koordinator, adanya pembimbing muhadharah, dan adanya nilai pengembangan indikator sikap sosial. 2) faktor pendukung program pembiasaan ini adalah antusias siswa, adanya pembimbing muhadharah dan kerja sama antar siswa, sedangkan faktor penghambat adalah siswa ramai, rasa malas dan petugas yang berhalangan hadir. 3) dampak pelaksanaan muhadharah terhadap sikap sosial siswa sudah sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari berbagai indikator sikap sosial yang sudah tercapai, seperti percaya diri dan toleransi siswa bertambah

Published
2023-07-21
How to Cite
Zaki Mukhlishon, A., & Mufidah, N. (2023). PELAKSANAAN PROGRAM PEMBIASAAN MUHADHARAH DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP SOSIAL SISWA . JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.21154/jiipsi.v3i2.2283
Section
Articles