PEMANFAATAN TEMBANG MIJIL SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN IPS TERPADU

  • Risma Vitrinovita Anjassari IAIN Ponorogo
  • Muhammad Widda Djuhan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Keywords: strategi pembelajaran, pemanfaatan tembang mijil, hambatan pembelajaran.

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki tingkat keluasan materi yang tinggi. Karena itu inovasi dalam pengelolaan materi belajar sangat dibutuhkan agar pembelajaran tetap menarik antusias belajar siswa dan meningkatkan pemahaman siswa pada materi ajar IPS. Inovasi materi pembelajaran dapat dilakukan dengan mengkolaborasikan materi ajar dengan bahan ajar lain. Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode penelitian kulatitatif deskriptif dengan bentuk analisis uraian dari data yang telah dikumpulkan. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Partisipan penelitian berasal dari siswa dan guru IPS kelas VII di MTsN 2 Ponorogo.  Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini mengenai penggunaan  tembang Mijil sebagai bahan belajar siswa dalam mempelajari materi ajar IPS terpadu kelas VII MTsN 2 Ponorogo. Memberikan temuan bahwasanya 1) strategi pemanfaatan tembang mijil sebagai sumber belajar mata pelajaran IPS terpadu dapat berjalan dengan baik. 2) efektifitas pemanfaatan tembang mijil sebagai sumber belajar mata pelajarn IPS terpadu menunjukkan hasil yang baik. 3) hambatan yang muncul dalam pemanfaatan tembang mijil sebagai sumber belajar mata pelajaran IPS terpadu ada tiga yakni menumbuhkan minat belajar siswa terhadap budaya, persispan guru dalam mempelajari tembang mijil, dan fasilitas yang mendukung belajar siswa dalam mengeksplore materi ajar.

Published
2023-07-21
How to Cite
Anjassari, R. V., & Widda Djuhan, M. (2023). PEMANFAATAN TEMBANG MIJIL SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN IPS TERPADU. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.21154/jiipsi.v3i2.2278
Section
Articles