PEMANFAATAN SUMBER SEJARAH SITUS PERAHU KUNO BAGI PEMBELAJARAN IPS DI MTS/SMP

  • Marlynda Herliana Prihati Wilujeng IAIN Kudus
Keywords: situs, pembelajaran IPS

Abstract

Pemanfaatan situs sejarah sebagai sumber belajar yang merupakan alternative pembelejaran dari lingkungan sebagai penyokong keberhasilan pendidikan. Dengan memanfaatkan situs sejarah bisa membantu siswa dalam mengembangkan pola piker dan proses pembelajaran yang lebih berorientasi serta imajinasi. Hal itu pastinya akan meningkatkan peran serta keaktifan siswa dalam belajar sehingga diharapkan agar lebih tertarik dalam belajar sejarah dengan sumber belajar yang nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pemanfaatan sumber sejarah situs perahu kuno serta relevansi bagi pembelajaran IPS di SMP/MTs. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh berasal dari observasi, wawancara, dan literatur.

 

Published
2023-07-21
How to Cite
Prihati Wilujeng, M. H. (2023). PEMANFAATAN SUMBER SEJARAH SITUS PERAHU KUNO BAGI PEMBELAJARAN IPS DI MTS/SMP. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.21154/jiipsi.v3i2.1713
Section
Articles