PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR

  • Ninuk Winarti Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Nastiti Mufidah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Kedisiplinan, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pola asuh orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPS Terpadu, untuk mengetahui apakah kedisiplinan berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPS Terpadu, dan untuk mengetahui apakah pola asuh orang tua dan kedisiplinan berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Pendekatan yang dilakukan oleh peneliti yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yakni expost facto. Peneliti menggunakan angket yang berpedoman pada skala likert dalam pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan rumus statistik yaitu teknik analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Pada penelitian ini populasi berjumlah 285 dan didapatkan sampel berjumlah 72. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu simple random sampling. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pola asuh orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu yakni 27,4%, dan 72,6% dipengaruhi faktor lain, kedisiplinan berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu yakni 27,2%, dan 72,8% dipengaruhi faktor lain, serta pola asuh orang tua dan kedisiplinan berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu yakni 36,3%, dan 63,7% dipengaruhi faktor lain

Published
2023-01-26
How to Cite
Winarti, Ninuk, and Nastiti Mufidah. 2023. “PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR ”. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia 3 (1). https://doi.org/10.21154/jiipsi.v3i1.1502.
Section
Articles