PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS TERPADU

  • Weni Susilowati Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Nastiti Mufidah
Keywords: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, IPS Terpadu

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VIII SMPN 2 Ponorogo; 2) untuk mengetahui bagaimana hasil belajar mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VIII SMPN 2 Ponorogo; 3) untuk mengetahui motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VIII SMPN 2 Ponorogo tahun ajaran 2021/2022. Metode pada penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan teknik pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi. Populasi penelitian ini sebanyak 288 siswa dengan sampel sebanyak 32 siswa menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan: 1) motivasi belajar siswa tergolong kurang sebanyak 17 dari 32 siswa dengan presentase 53,12%; 2) Hasil belajar siswa tergolong cukup sebanyak 19 dari 32 siswa dengan presentase 59%; 3) Motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VIII SMPN 2 Ponorogo tahun ajaran 2021/2022 dengan besar pengaruh 73,1% sedangkan sisanya 26,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Published
2023-01-26
How to Cite
Susilowati, Weni, and Nastiti Mufidah. 2023. “PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS TERPADU ”. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia 3 (1). https://doi.org/10.21154/jiipsi.v3i1.1501.
Section
Articles