PENGARUH METODE FUN LEARNING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU

  • Neni Lestari Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Risma Dwi Arisona Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Keywords: Metode Fun Learning, Minat Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Tinjauan ini dimaksudkan untuk (1) Menentukan apakah terdapat perbedaan antara menggunakan metode pembelajaran fun learning dan tanpa menggunakan metode fun learning terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMPN 2 Ponorogo, (2) menentukan apakah terdapat perbedaan minat belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran fun learning dan tanpa menggunakan metode fun learning siswa kelas VIII SMPN 2 Ponorogo, (3) Menentukan apakah terdapat pengaruh antara metode fun learning dan minat belajar terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII SMPN 2 Ponorogo. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen semu (Quasi Eksperimen ) noenquivalent control group desain. Dengan menggunakan independent sample t-test dan regresi linier berganda. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Ponorogo, terdapat 64 siswa kelas VIII D,E yang menjadi populasi yakni sebagai kelas eksperimen dan kontrol dengan masing-masing terdiri dari 32 siswa. penelitian ini menggunakan tes berupa soal pre test dan post test, dokumentasi dan angket untuk mengumpulkan data. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang menggunakan metode pembelajaran fun learning dengan hasil uji  t-test sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Serta terdapat pebedaan minat belajar siswa yang menggunakan metode fun learning dengan hasil uji t-t est sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan terdapat pengaruh yang signifikan antara metode fun learning dan minat belajar terhadap hasil belajar IPS terpadu kelas VIII SMPN 2 Ponorogo dengan uji regresi linier berganda diperoleh hasil dari Adjusted R Square sebesar 65,3 %. maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dan pengaruh antara metode fun learning dan minat belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMPN 2 Ponorogo.

Published
2023-01-13
How to Cite
Lestari, N., & Dwi Arisona, R. (2023). PENGARUH METODE FUN LEARNING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU . JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.21154/jiipsi.v3i1.1491
Section
Articles