PENGARUH VIDEO YOUTUBE MATERI MASA REFORMASI (1998-SEKARANG) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi penggunaan media pembelajaran yang kurang cocok diterapkan pada pembelajaran IPS Terpadu kelas IX materi Masa Reformasi (1998-Sekarang) sehingga hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh media pembelajaran video youtube materi Masa Reformasi (1998-Sekarang) terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas IX MTS Negeri 3 Ponorogo. Pendekatan penelitian yaitu kuantitatif jenis quasi experiment desain penelitian nonequivalent control group design. Perlakuannya penerapan media pembelajaran video youtube materi Masa Reformasi (1998-Sekarang) pada kelas eksperimen dan penerapan media pembelajaran LKS pada kelas kontrol. Populasi penelitian seluruh siswa kelas IX MTS Negeri 3 Ponorogo dan sampelnya siswa kelas IX A dan IX B. Instrumen tes hasil belajar soal berjumlah 25. Pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, dan observasi. Perhitungan data gain score dianalisis dengan Uji Independent Sample T-Test. Bedasarkan analisis data hasil media pembelajaran video youtube materi Masa Reformasi (1998-Sekarang) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas IX MTS Negeri 3 Ponorogo melihat rata- rata nilai gain score kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Uji Independent Sample T-Test memperoleh nilai Sig. 2 tailed sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti berpengaruh. Uji R Square menunjukkan pengaruhnya sebesar 53,8%.
Copyright (c) 2023 Lailatul Musfiroh, Risma Dwi Arisona
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.