PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN KREATIFITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS

  • Jefri Nofiansah IAIN Ponorogo
  • Muhammad Widda Djuhan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Keywords: model pembelajaran PBL, kreativitas siswa, IPS

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya suatu problem atau masalah di hadapi dalam proses kegiatan pembelajaran di MTsN 3 Ponorogo, yaitu tingkat kreativitas siswa masih rendah. Siswa masih belum bisa untuk mengembangkan ide dan imajinasi yang dia miliki. Dalam proses pembelajaran guru belum menggunakan metode dan strategi pembelajaran yang sesuai sehingga siswa yang diajar masih belum bisa mengeluarkan potensi kreativitasnya denganm baik.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode problem based learning mampu menumbuhkan kreativitas anak di MTsN 3 Ponorogo. Dengan menggunakan metode problem basd learning diharapkan mampu menumbuhkan kreativitas siswa pada kelas IX di MTsN 3 Ponorogo.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara langsung dan bertahap oleh peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX D MTsN 3 Ponorogo. yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap-tahap urutan kegiatan penelitian ada 4 yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode problem based learning mampu menumbuhkan kreativitas siswa kelas IX di MTsN 3Ponorogo dengan baik. Pada siklus pertama peneliti menemukan hasil yang kurang memuaskan yatu 43%, selanjutnya peneliti memlanjutkan pada siklus II dimana pada siklus II ini nilai yang dihasilkan adalah 61%, karena hasil tersebut masih belum mencapai sasaran nilai maka peneliti melanjutkan pada siklus III dimana pada siklus III ini hasiĀ  yang diperoleh mencapai 82%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran menggunakan problem based learning mampu menumbuhkan kreativitas siswa pada kelas IX di MTsN 3 Ponorogo.

Published
2023-01-12
How to Cite
Nofiansah, J., & Widda Djuhan, M. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN KREATIFITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.21154/jiipsi.v3i1.1488
Section
Articles