PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI MTs MA’ARIF BALONG, PONOROGO, TAHUN AJARAN 2021/2022
Abstract
Latar belakang penelitian ini berasal dari ditemukan rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas VIII di MTs Ma’arif Balong, Ponorogo, tahun ajaran 2021/2022. Dari hasil observasi awal, peneliti mempunyai hipotesis sementara bahwa hasil belajar IPS siswa dipengaruhi oleh tingkat pendidikan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pendidikan orang tua dan hasil belajar IPS siswa kelas VIII MTs Ma’arif Balong, Ponorogo, tahun ajaran 2021/2022, serta menjelaskan apakah tingkat pendidikan orang tua SD-SMP, SMA, maupun Perguruan Tinggi memiliki perbedaan hasil belajar IPS siswa kelas VIII di MTs Ma’arif Balong, Ponorogo, Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis datanya menggunakan rumus statistik uji One Way ANOVA dengan penghitungan program SPSS statistics 25. Hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Dominasi tingkat pendidikan orang tua siswa kelas VIII di MTs Ma’ arif Balong, Ponorogo, tahun ajaran 2021/ 2022 adalah dalam kategori SD-SMP, yaitu dengan nilai prosentase 46%. (2) Hasil belajar ranah kognitif mata pelajaran IPS siswa kelas VIII di MTs Ma’ arif Balong, Ponorogo, tahun ajaran 2021/ 2022 adalah dalam kategori belum tuntas, yaitu dengan nilai prosentase 58%. (3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar IPS siswa kelas VIII di MTs Ma’arif Balong, Ponorogo, antara tingkat pendidikan orang tua SD-SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi.
Copyright (c) 2022 Muhamad Nur Faizi Putra Fuwa Fuwa, Yuentie Sova Puspidalia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.