Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam dan Inovasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen

  • Devi Nurmalasari Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Moch. Mukhlas Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Keywords: Consumer Satisfaction, Islamic Business Ethics, Product Innovation

Abstract

This study was conducted to know the effect of Islamic business ethics on customer satisfaction at Toserba Mariza in Madiun. (2) how does product innovation affect customer satisfaction at Toserba Mariza in Madiun? (3) How does applying Islamic business ethics and product innovation simultaneously affect customer satisfaction at Toserba Mariza in Madiun? The type of research used in this research is quantitative research. The data collection instrument was carried out by filling out a questionnaire. The number of respondents studied at Toserba Mariza Madiun was 96 respondents. The data analysis technique used is simple and multiple regression tests. Thus, the results of this study indicate that: 1) Partially, Islamic business ethics has a significant effect on customer satisfaction, which is indicated by a significance value of 0.00 <0.05 sig value. Islamic business ethics affect customer satisfaction at 47%, and other factors influence the remaining 53%. 2) Partially, product innovation significantly affects customer satisfaction, which is indicated by a significance value of 0.00 <0.05 sig value. The effect of product innovation on customer satisfaction is 61.7%, and other factors influence the remaining 38.3%. 3) Simultaneously, Islamic business ethics and product innovation significantly affect customer satisfaction, indicated by a significance value of 0.00 <0.05 sig value. Islamic business ethics and product innovation affect customer satisfaction by 62.5%, while other factors influence the remaining 37.5%.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana  pengaruh penerapan etika bisnis Islam terhadap kepuasan konsumen pada Toserba Mariza di Madiun? (2) bagaimana pengaruh inovasi produk terhadap kepuasan konsumen pada Toserba Mariza di Madiun? (3) bagaimana pengaruh penerapan etika bisnis Islam dan inovasi produk secara bersamaan terhadap kepuasan konsumen pada Toserba Mariza di Madiun?Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket. Jumlah responden yang diteliti di Toserba Mariza Madiun sebanyak 96 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi sederhana dan uji regresi berganda. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Secara parsial etika bisnis Islam berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen yang ditunjukkan dengan nilai signifikasi 0,00 < nilai sig 0,05. Adapun pengaruh etika bisnis Islam terhadap kepuasan konsumen sebesar 47% dan sisanya 53% dipengaruhi oleh faktor lain. 2) Secara parsial inovasi produk berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen yang ditunjukkan dengan nilai signifikasi 0,00 < nilai sig 0,05. Adapun pengaruh inovasi produk terhadap kepuasan konsumen sebesar 61,7% dan sisanya 38,3% dipengaruhi oleh faktor lain. 3) Secara simultan etika bisnis Islam dan inovasi produk berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen yang ditunjukkan dengan nilai signifikasi 0,00 < nilai sig 0,05. Adapun pengaruh etika bisnis Islam dan inovasi produk secara bersama-sama mempengaruhi kepuasan konsumen sebesar 62,5%, sedangkan sisanya 37,5% dipengaruhi oleh faktor lain.

References

Agus Arijanto, Etika Bisnis Bagi Pelaku Bisnis, Jakarta:Raja Grafindo Persada, 2012.

Agus Hermawan, Komunikasi Pemasaran, Jakarta: Erlangga, 2012.

Dian, Hasil Wawancara, Madiun 30 Januari 2023.

Etika Bisnis Islam Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Ecommerce” Journal Ekonomi Islam Volume 3, 2019.

Etta Mamang Sangadji dan Sopiah, Perilaku Konsumen, Yogyakarta: CV ANDI OFFSET, 2013.

Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran Edisi II ,Yogyakarta: Andi Offset, 2004. Farah Aunti Sholihah, Rachma Indrarini, “Pengaruh Persepsi Pelanggan Terkait

Fauzan, Ida Nuryana, “Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Terhadap Kepuasan Pelanggan Warung Bebek H. Selamet Di Kota Malang,” Journal Of Moderenisasi,1, 2014.

Hasbullah, Muchtar. “Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian.” dalam INOVASI: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Manajemen, Volume 1, 2022.

Hendi Suhendi, Fikih Muamalah, Jakarta:Rajawali pers,2016.

Iis Miati, “Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Handycrafts Pada Sentra Kerajinan Bambu Mangkubumi Kota Tasikmalaya”, ADBIS: Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis Volume 3 No. 2 ,Februari 2019.

Imroatul Khasanah, Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Muslim Produk Keripik Tempe “2 Wahyu,Skripsi

Kotler, P., & Keller, K. L,Prinsip-prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga, 2016. Lina Nurhayati, Hasil Wawancara, Madiun 30 Januari 2023.

Lina Fatimatuzzahro, Lukman Santoso “ Pengaruh Penguasaan Mata Kuliah Etika Bisnis Islam Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa” SERAMBI, Vol 1, No.2, Agustus 2019.

Mung Pujanarko, “Etika Komunikasi Verbal Dalam Penulisan Berita Di Media Online.” Jurnal Citra Volume 6 No 1, Januari 2018.

Muzayinnatul Jannati, Maulida Nurhidayati, “Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam dan Islamic Service Quality Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Madiun,” AICIE: Annual International Conference on Islamic Economics, 1,2022.

Nurantika Aini, Hasil Wawancara, Madiun 30 Januari 2023.

Siti Maro’ah, Etika dalam Bisnis Berbasis Syariah Surabaya: CV Revka Prima Media,2019.

Supriadi, B., Astuti, W., & Firdiansyah, A.,” Green Product And Its Impact on Customer Satisfaction IOSR “Journal of Business and Management (IOSR-JBM),2018.

Taha Jabir Al-Alwani, Bisnis Islam, Yogyakarta: Ak Grou 2005.

Thursina, Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Toko Riyadh Store di Banda Aceh,Skripsi, Banda Aceh : Universitas Islam Negri Ar-Raniry, 2019.

Vinna Sri Yuniarti, Perilaku Konsumen Teori dan Praktik, Bandung: Pustaka Setia, 2015.

Vista Efanny Fillayata Mukaram, “Pengaruh Inovasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Road Café Steak & Pasta Bandung),” IRWNS

Vista Efanny Fillayata, Mukaram, “Pengaruh Inovasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen, Studi pada Road Café Steak & Pasta Bandung” IRWNS,2020.

Winda Tri Setyawati, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan The Media Hotel & Towers Jakarta”. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, Vol. 17 No. 02, 2020.

Published
2024-01-23
How to Cite
Nurmalasari, D., & Mukhlas, M. (2024). Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam dan Inovasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Antologi Hukum, 3(2), 178-195. https://doi.org/10.21154/antologihukum.v3i2.2599
Section
Articles