Manajemen Kelas Impian dalam Pembelajaran Siswa

  • Apriliyanti Muzayanati; Ali Ba’ul Chusna IAIN Ponorogo
Keywords: Manajemen Kelas; Kelas Impian; Pembelajaran Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pelaksanaan program manajemen kelas impan, dampak manajemen kelas impian, kelebihan dan kekurangan dari program manajemen kelas impian. Diamana manajemen kelas impian merupakan suatu inovasi dari manajemen kelas yang dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang dimulai dari ruang kelas. Dalam manajemen ini menekankan aspek fisik termasuk desain yang ada didalamnya seperti pojok baca, pojok bermain, pojok guru dan pojok kebersihan, aspek sosio-emosional, dan juga aspek organisasional. Selain dari ketiga aspek tersebut dalam manajemen kelas impian ini juga menanamkan akan Good Habit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil dari penelitian ini antara lain mengenai pelaksanaan manajemen kelas impian dimana dalam pelaksanaannya dilaksanakan oleh wali kelas bekerjasama dengan wali murid, selain itu terdapat dampak dari manajemen kelas impian diantaranya perkembangan siswa baik intelektual maupun sosial, Siswa lebih mudah dikontrol, Kelas menjadi indah dan nyaman, Membentuk good habits. Untuk kelebihan manajemen kelas impian diantaranya memberikan rasa nyaman, siswa lebih mudah berinteraksi antar temanya pada saat pembelajaran, menumbuhkan minat baca, Mengenal permainan-permainan tradisional, Siswa lebih mudah dikontrol. Adapun kekurangan dari kelas impian, diantaranya memerlukan biaya yang cukup besar, ruangan pojok baca tidak digunakan dengan semestinya, kesulitan dalam memebersihkan ruangan apabila penataan meja berdepetan, siswa masih kurang bisa merawat barang-barang yang ada di kelas. Dapat disimpulkan bahwa manajemen kelas impian ini dapat menunjang dalam pembentukan Good Habits dan pembelajaran siswa baik itu secara sosio-emosional, dan organisasional

Published
2021-02-10
How to Cite
Ali Ba’ul Chusna, A. M. (2021). Manajemen Kelas Impian dalam Pembelajaran Siswa. AL-THIFL : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 33- 45. https://doi.org/10.21154/thifl.v1i1.49