Efektivitas Strategi Card Sort Menggunakan Kartu Pintar Pada Hasil Belajar Sifat-Sifat Bangun Segitiga
Abstract
Kegiatan pembelajaran matematika secara umum masih menggunakan strategi pembelajaran konvensional, dimana kurang efektif dalam kegiatan pembelajaran. Upaya untuk meningkatkan hasil belajar peneliti melakukan penelitian terhadap pembelajaran matematika menggunakan strategi card sort menggunakan kartu pintar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keterlaksanaan strategi card sort menggunakan kartu pintar dalam meningkatkan hasil belajar; (2) validitas instrumen strategi card sort menggunakan kartu pintar dalam pembelajaran sifat-sifat bangun segitiga; (3) tingkat efektivitas penggunaan strategi card sort menggunakan kartu pintar dalam meningkatkan hasil belajar.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode quasi-eksperimen (quasi-exsperiment). Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi kegiatan pembelajaran dan tes. Partisipan penelitian berasal dari guru matematika dan siswa kelas III A dan III B di Berdasarkan analisis diperoleh hasil penelitian bahwa (1) Penggunaan strategi pembelajaran card sort menggunakan kartu pintar 96% terlaksana. (2) Validitas instrument keterlaksanaan penggunaan strategi pembelajaran card sort menggunakan kartu pintar dan soal pretest posttest dengan berbantuan program excel diperoleh hasil valid. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan uji independent t test. Uji N-Gain menunjukkan hasil rata-rata pada kelas kontrol termasuk dalam kategori sedang MI Sabilil Islam Madiun. Data penelitian diolah dan dilakukan uji hipotesis berupa uji Independent t Test dan Uji N-Gain. Jadi strategi pembelajaran card sort efektif digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran materi sifat-sifat bangun segitiga kelas III MI Sabilil Islam Madiun.
References
Purwaningtyas, A. H., & Mardati, A. (2020). Pengembangan Media Kartu Pintar (Katar) Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Perkalian Bagi Siswa Kelas II SD. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 3(1), 46-54. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i1.2270
Awaludin, A. A. R., Rawa, N. R., Narpila, S. D., Yuliani, A. M., Wewe, M., Gradini, E., Julyanti, E., Haryanti, S., Bhoke, W., & Resi, B. B. F. (2021). Teori dan Aplikasi Pembelajaran Matematika di SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Fauzi, M. N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Tari Bambu dengan Media Kartu untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 7(1), 110-118. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v7i1.6337
Febriyanti, Ahmad, H., Ali, M., & Muryati. (2017). Efektivitas Strategi Pembelajaran Elaborasi Dengan Media Card Sort Terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional, 3(1), 28–34. https://www.journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/771
Fitriani, L. (2018). Metode Card Sort Pada Pembelajaran Sekolah Daasar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 13(3), 10–27.
Gaol, D. K. L., & Makmur, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Menggunakan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inpafi, 2(2), 30–39.
Idrus, I., & Irawati, S. (2019). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa-Biologi. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.532
Kusumawati, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Dengan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Kertosari II Kabupaten Madiun. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 4(1), 87–100. https://doi.org/10.21154/ibriez.v4i1.66
Nugralia, S., Habudin, H., & Juhji, J. (2019). Pengaruh penggunaan strategi card sort terhadap hasil belajar ipa materi sumber energi (pre eksperimen siswa Kelas IV SD Negeri Kemang Kota Serang). Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar, 6(1), 79-94. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v6i01.2492
Ngamanken, S. (2014). Pentingnya Pendidikan Karakter. Humaniora, 5(1), 72. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i1.2983
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Priando, P., Armariena, D. N., & Rizhardi, R. (2023). Efektivitas Strategi Card Sort dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 10 Palembang. Journal on Education, 5(3), 6446–6453. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1427
Sari, E. K., Wardana, M. Y. S., & Untari, M. F. A. (2019). Strategi Pembelajaran Card Sort Terhadap Hasil Belajar. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19401
Sholikhah, D.R., & Rosita, F.Y. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Papan Dan Kartu Misteri Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Mi Ma’arif Cekok, Babadan, Ponorogo. AL-THIFL : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 360- 375. https://doi.org/10.21154/thifl.v3i2.2889.
Tatik. (2021). Metode Card Sort Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik di SDN 7 Raja Tahun Ajaran 2019/2020. Juristek, 7.
Weeks, D. P. C. C. L. E. Y. N. to K. in 20. (2015). Metodologi Penelitian. Dk, 53(9), 1689–1699.