Korelasi Antara Kemampuan Kognitif dengan Kemampuan Psikomotorik Siswa pada Pembelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah

  • Fitriah STAI Darul Ulum Kandangan
  • Novita Haspiana STAI Darul Ulum Kandangan
  • Nor Asyriah STAI Darul Ulum Kandangan
  • Nor Asyriah STAI Darul Ulum Kandangan
  • M. Fathurahman IAIN Ponorogo

Abstract

Pelajaran Fikih sangat penting di Madrasah Ibtidaiyah karena berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Salah satu contohnya adalah siswa dididik untuk memahami dan menerapkan tata cara wudhu. Studi ini bertujuan untuk menentukan bagaimana hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Hulu Sungai Selatan berkorelasi dengan aspek kognitif dan psikomotorik materi wudhu. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Data dikumpulkan melalui praktik dan tes. Analisis data yang dikumpulkan dengan Uji Korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika siswa belajar Fikih, terutama materi wudhu, terdapat korelasi yang signifikan antara kemampuan kognitif dan psikomotorik mereka. Ini didasarkan pada hasil dari Uji Koefisien Determinasi, yang menunjukkan bahwa nilai R sebesar 0,6650 menunjukkan bahwa kedua variabel memiliki hubungan yang cukup kuat dengan analisis. Jika r hitung sama dengan atau lebih besar dari r tabel, maka H0 diterima atau terbukti benar.

Published
2024-08-01
How to Cite
Fitriah, Novita Haspiana, Nor Asyriah, Nor Asyriah, & M. Fathurahman. (2024). Korelasi Antara Kemampuan Kognitif dengan Kemampuan Psikomotorik Siswa pada Pembelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah . AL-THIFL : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 13-22. https://doi.org/10.21154/thifl.v4i1.3133