Peran Orang Tua dalam Mendukung Pencapaian Kompetensi Keterampilan Siswa pada Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19

  • Effiana Cahya Ningrum IAIN Ponorogo
  • Anis Afifah
Keywords: Peran Orang Tua; Pencapaian Kompetensi Keterampilan Siswa; Pandemi Covid-19.

Abstract

Peran orang tua sebagai motivator, pembimbing, dan fasilitator sangat penting walaupun kegiatan
belajar dilaksanakan dari rumah terutama untuk mendukung pencapaian kompetensi keterampilan
siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu
fenomenologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua sebagai motivator
dalam mendukung pencapaian kompetensi keterampilan siswa pada pembelajaran daring di kelas I
SDN Blimbing Gudo Jombang selama pandemi Covid-19. Tujuan kedua yaitu untuk
mendeskripsikan peran orang tua sebagai pembimbing dalam mendukung pencapaian kompetensi
keterampilan siswa pada pembelajaran daring di kelas I SDN Blimbing Gudo Jombang selama
pandemi Covid-19. Tujuan ketiga yaitu untuk mendeskripsikan peran orang tua sebagai fasilitator
dalam mendukung pencapaian kompetensi keterampilan siswa pada pembelajaran daring di kelas I
SDN Blimbing Gudo Jombang selama pandemi Covid-19. Hasil penelitian menyatakan bahwa
peran orang tua dalam mendukung pencapaian kompetensi keterampilan siswa kelas I dalam
pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 yang dilakukan di SDN Blimbing Gudo Jombang
dalam kategori cukup baik. Meskipun ada hambatan yang dialami para orang tua yang berimbas
pada pencapaian kompetensi keterampilan siswa.

Published
2021-12-20
How to Cite
Ningrum, E. C., & Afifah, A. (2021). Peran Orang Tua dalam Mendukung Pencapaian Kompetensi Keterampilan Siswa pada Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19. AL-THIFL : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 21- 32. https://doi.org/10.21154/thifl.v1i2.126