ANALISIS LOKASI USAHA DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN BISNIS PADA GROSIR BERKAH DOHO DOLOPO MADIUN

  • Yuni Puspitaningrum IAIN Ponorogo
  • Aji Damanuri Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Keywords: Lokasi Usaha, Keberhasilan Bisnis, Dampak Pemilihan Lokasi Usaha

Abstract

Kemajuan di bidang perekonomian telah banyak membawa akibat perkembangan yang cukup pesat dalam bidang usaha. Dengan itu banyak bermunculan perusahaan dagang yang bergerak di bidang perdagangan eceran yang berbentuk grosir.

Tujuan utama penelitian ini adalah dalam meningkatkan keberhasilan bisnis diharapkan mendapatkan temuan baru dan unik. Rumusan masalah dalam penelitian ini ada dua yaitu (1) Bagaimana analisis lokasi usaha Grosir Berkah Doho Dolopo Madiun? (2) Bagaimana dampak dari pemilihan lokasi usaha Grosir Berkah Doho Dolopo Madiun dalam meningkatkan keberhasilan bisnis?

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan pada Grosir Berkah dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan data, terdiri dari: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik analisis data, terdiri dari: mempersiapkan instrumen data, klasifikasi data dan analisis data.

Hasil penelitian menunjukkan ada empat komponen yang memenuhi kriteria dalam pemilihan lokasi usaha pada Grosir Berkah, yaitu lalu lintas, tempat parkir, lingkungan dan persaingan. Kemudian untuk tiga komponen yaitu, aksesibilitas, visibilitas dan ekspansi tidak memenuhi pada Grosir Berkah. Namun usaha retail tersebut masih berjalan dengan stabil pada kondisi tersebut seperti lokasi usaha yang tidak strategis. Sedangkan dampak penjualan pada Grosir Berkah mengalami penjualan yang stabil dan pemilihan lokasi usaha pada Grosir Berkah dikatakan mempengaruhi keberhasilan suatu bisnis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiwijaya, M. (2010). 8 Jurus Jitu Mengelola Bisnis Ritel Ala Indonesia. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Alma, B. (2010). Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Chelviani, K., Made, A., & Iyus, A. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi Toko Modern Di Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(2), 257–266.

Haryadi, D. (2008). Pengembangan Usaha Kecil: Pemihakan Setengah Hati. Bandung: Akatiga.

Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Ibrahimsyah. (2008). Era Gemilang Bakrie Telkom.

Jumingan. (2009). Study Kelayakan Bisnis. Gilingan: Bumi Aksara.

Kasmir. (2014). Kewirausahaan (7 ed.). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran: Sudut Pandang Asia. Jakarta: Indeks.

Kotler, P., & Lee, N. (2007). Marketing In The Public Sector. Jakarta: Indeks.

Riyanto, S. (2018). Analisis Pengaruh Lingkungan Internal Dan Eksternal Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Usaha Kecil Menengah (Ukm) Di Madiun. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 5(3), 159–168. https://doi.org/10.35794/jmbi.v5i3.21707

Siagian, S. (2003). Manajemen Stratejik. Jakarta: Bumi Aksara.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

Wikipedia. (t.t.). Lalu Lintas.

Published
2022-12-31