ANALISIS BUSINESS PLAN PELAKU UMKM DI KECAMATAN MLARAK

  • Moh. Zaenal Abidin Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Keywords: Berwirausaha, Pengangguran, Perencanaan Usaha

Abstract

Entrepreneurship is an activity to meet the needs of human life. With the existence of entrepreneurship, unemployment can be reduced, considering that in Indonesia the unemployment rate is very high. Especially with the Covid-19 outbreak, the unemployment rate has increased. In starting a business, careful planning is needed, so that the business we run is in accordance with the goals and expectations we want. In addition, the existence of a business plan can make it easier to evaluate the shortcomings of the business that we are running. Therefore business planning lies at the very top before doing or starting a business. The business plan or business plan includes a vision and mission, an overview of the company, marketing, goods and services produced, efforts to increase sales and capital.

 

Berwirausaha merupakan kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Dengan adanya kewirausahaan pengangguran dapat berkurang, mengingat di Indonesia tingkat pengangguran yang sangat tinggi. Terlebih dengan adanya wabah covid-19 ini, tingkat pengangguran meningkat. Dalam memulai sebuah usaha maka perlu perencanaan yang matang, agar usaha yang kita jalankan sesuai dengan tujuan dan harapan yang kita inginkan. Selain itu dengan adanya perencanaan usaha dapat mempermudah dalam mengevaluasi kekurangan terhadap usaha yang sedang kita jalankan. Oleh karena itu perencanaan usaha terletak pada posisi paling atas sebelum melakukan atau mengawali sebuah usaha. Dalam business plan atau perencanaan usaha didalamnya mencangkup visi dan misi, gambaran tentang perusahaan, pemasaran, barang dan jasa yang dihasilkan, usaha untuk meningkatkan penjualan dan permodalan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrams, R., & Yuwono, V. A. (2008). Business Plan In a Day: Cara Jitu Membuat Rencana Bisnis (Terjemah oleh Vivin Andhika Yuwono). Yogyakarta: Kanisius.

Alma, B. (2006). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (Edisi 4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daft, R. L. (2007). ORGANIZATION THEORY AND Design INSTRUCTOR’S 9TH EDITION (9th Edition). Mason, OH: THOMSON.

Munawaroh, M., Rimiyati, H., & Hindasah, L. (2019). PERENCANAAN BISNIS Untuk Program Strata 1. Yogyakarta: LP3M UMY.

Rusdiana, A. (2014). Kewirausahaan: Teori dan Praktek. Bandung: Pustaka Setia.

Suprapto, H. A. (2018). Pelatihan pembuatan proposal rencana bisnis (business plan) bagi siswa madrasah Tsanawiyah Nurul Hikmah dan SMP Al-ihsan guna meningkatkan kemampuan berwirausaha. Abdimas Siliwangi, 1(2), 81–88.

Published
2021-12-06