PENGARUH KONSEP DIRI, GAYA HIDUP DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF REMAJA MUSLIM DI MADIUN

  • Nova Titin Lestari Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Moh. Faizin Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Keywords: Consumptive Behavior, Instagram, Lifestyle, Self Concept

Abstract

Indonesian is a developing country with a dense population that has the potential to be used as a marketing area for a business. Most Indonesians, especially teenagers, will probably notice a change in their lifestyle as the era of globalization progresses. Consumptive behavior can happen to anyone, including Muslim teenagers in Madiun. The purpose of this study was to determine whether self-concept, lifestyle and use of social media Instagram partially or simultaneously influence the consumptive behavior of Muslim adolescents in Madiun. This type of research is quantitative research. Sampling is done by probability sampling, namely the sampling technique by area sampling. The research instrument used a questionnaire given to 96 respondents. This research uses simple linear regression analysis method, multiple linear regression, t test, f test, and coefficient of determination. The results of this study are partially self-concept has a positive and significant effect on the consumptive behavior of Muslim adolescents in Madiun, lifestyle has a positive and significant effect on the consumptive behavior of Muslim adolescents in Madiun, and the use of social media Instagram has a positive and significant effect on the consumptive behavior of Muslim adolescents in Madiun. Simultaneously self-concept, lifestyle and use of social media Instagram have a joint and significant effect on the consumptive behavior of Muslim teenagers in Madiun.

 

Abstrak: Indonesia merupakan negara berkembang yang padat penduduknya berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai wilayah pemasaran suatu bisnis. Sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya remaja, mungkin akan melihat perubahan gaya hidup mereka seiring berjalannya era globalisasi. Perilaku konsumtif dapat terjadi kepada siapa saja tidak terkecuali para remaja muslim di Madiun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah konsep diri, gaya hidup dan penggunaan media sosial instagram berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap perilaku konsumtif pada remaja muslim di Madiun. Jenis penelitian adalah ini penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan probability sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara area sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 96 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier sederhana, regresi linier berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini adalah secara parsial konsep diri berpengaruh 48,9% dan signifikan terhadap perilaku konsumtif remaja muslim di Madiun, gaya hidup berpengaruh 24,2% dan signifikan terhadap perilaku konsumtif remaja muslim di Madiun, dan penggunaan media sosial instagram berpengaruh 22,4% dan signifikan terhadap perilaku konsumtif remaja muslim di Madiun. Secara simultan konsep diri, gaya hidup dan penggunaan media sosial instagram berpengaruh secara bersama-sama dan signifikan terhadap perilaku konsumtif remaja muslim di Madiun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angadita, R. (2021). Konsep Diri Dan Konformitas Pada Perilaku Konsumtif Remaja. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.

Chrisnawati, D., & Abdullah, S. M. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Remaja Terhadap Pakaian (Studi Kasus Pada Remaja Berstatus Sosial Ekonomi Rendah). Jurnal Spitits, 2(1), 1–14.

Dahlan, N. (2020). Pengaruh Media Sosial Instagram, Kelompok Teman Sebaya Dan Lifestyle Terhadap Berperilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Di Kota Makassar. UIN Alauddin Makassar, Makassar.

Kementerian Kesehatan. (2022). Diambil dari https://pusdatin.kemkes.go.id.

Khrishananto, R., & Adriansyah, M. A. (2021). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram Dan Konformitas Terhadap Perilaku Konsumtif Di Kalangan Generasi Z. Psikoborneo: Jurnal Imiah Psikologi, 9(2).

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2006). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Airlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Mufarizzaturrizkiyah. (2020). Perilaku Gaya Hidup Konsumtif Muslim. Cirebon: CV Elsi Pro.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Prosedur, Tren, Dan Etika. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Rakhmat, J. (1998). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Riyanto, A. D. (2021). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2021. Diambil dari https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2021/

Storey, J. (2006). Cultural Studies Dan Kajian Budaya Pop. Yogyakarta: Jalasutra.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumartono. (2002). Terperangkap dalam iklan. Bandung: Alfabeta.

Published
2022-12-31