PERILAKU PEDAGANG DI PASAR WISATA PLAOSAN DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM

  • Novita Ambarsari institut agama islam negeri ponorogo
  • Luhur Prasetiyo Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Keywords: Islamic Business Ethics, Markets, Traders

Abstract

This research is motivated by the trading activities of traders in the Plaosan Tourism Market, Magetan Regency which are not fully in accordance with Islamic business ethics. This study aims to determine the applied Islamic business ethics along with the factors that can influence and impact on business activities for traders at the Plaosan Tourism Market, Magetan Regency. This research uses qualitative methods, namely field research and uses a qualitative approach. Data collection techniques used are interviews, observation and documentation. As well as informants in this research are market managers, traders and buyers. The results of this study found that the behavior of traders in the Plaosan Tourism Market had not fully implemented the principles stated in Islamic business ethics, and there were several factors that influenced the behavior of these traders. While the impact of the behavior of traders causes negative and positive effects, both of which have an effect on the behavior of traders in the Plaosan Tourism Market. The impact of traders' behavior can affect business activities such as positive impacts on social and financial aspects. As well as the negative impact if traders do not provide good service it will have an impact on income which will decrease.

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan transaksi jual beli pedagang di Pasar Wisata Plaosan Kabupaten Magetan yang belum sepenuhnya sesuai dengan etika bisnis Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui etika bisnis Islam yang diterapkan beserta faktor-faktor yang dapat mempengaruhi dan dampaknya terhadap kegiatan bisnis terhadap pedagang di Pasar Wisata Plaosan Kabupaten Magetan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yakni penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta informan ada penelitian ini adalah pengelola pasar, pedagang serta pembeli. Hasil penelitian ini menemukan bahwa perilaku pedagang di Pasar Wisata Plaosan belum sepenuhnya menerapkan prinsip yang telah tertera pada etika bisnis Islam, serta terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku pedagang tersebut. Sedangkan dampak perilaku pedagang menimbulkan pengaruh negatif dan juga positif yang keduanya sama-sama berpengaruh kepada perilaku pedagang di Pasar Wisata Plaosan. Dampak perilaku pedagang tersebut dapat mempengaruhi terhadap kegiatan bisnis seperti dampak positif bagi aspek sosial maupun finansial. Serta dampak negatifnya apabila pedagang melakukan pelayanan kurang baik maka akan berdampak pada pendapatan yang akan menurun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, J. (2009). Etika Bisnis Islami. Walisongo Press.

Assauir, S. (n.d.). Manajemen Pemasaran (Jakarta). 2004.

Daniel, C. (2011). Kepribadian Teori dan Penelitian Edisi 10 Buku 1. Salemba Humanika.

Dwi Santosa, Pambudi. (2021). Etika Bisnis Islam Meneladani Etos Kerja Nabi dan Rasul. UAD Press.

Hardiati, N. (2021). Etika Bisnis Rasulullah SAW sebagai Pelaku Usaha Sukses dalam Perspektif Maqashid Syariah.

Mustafa Kamal, R. (2013). Bisnis ala Nabi Teladan Rasulullah SAW dalam Berbisnis. PT Bentang Pustaka.

Nawatmi, S. (2010). Etika Bisnis dalam Perspektif Islam. Vol. 9, No. 1.

Rizqiyah, A. F. (2022). Implementasi Etika Bisnis Islam dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan di BMT UGT Sidogiri Cabang Jombang. Vol. 4, No. 1,.

Saihaan. (2004). Hukum Pembangunan dan Ekologi Pembangunan Edisi 2. Erlangga.

Syed Nawab, N. (2013). Etika dan Ilmu Ekonomi Suatu Sintesis Alami, terj. Husin Anis. Mizan.

Yunia Fauzi, Ika. (2013). Etika bisnis dalam Islam. Kencana Prenadamedia Group.

Zam-Zam, F. (2021). Etika Bisnis Islam Seni Berbisnis Keberkahan. CV Budi Utama.

Zaroni, A. N. (2007). Bisnis dalam Perspektif Islam (Telaah Aspek Keagamaan dalam Kehidupan Ekonomi),. Vol.IV, No. 2.

Published
2022-06-30