STRATEGI USAHA PEDAGANG KAKI LIMA DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS KONSUMEN SINGKONG KEJU DI PONOROGO

  • Aprilia Nurul Widiyanti Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Ratna Yunita Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Keywords: Strategy, consumer loyalty, business success, Islamic perspective

Abstract

In the modern era, many unique and trendy snacks have emerged following the times. However, there are still traditional snacks that still exist following the times, namely cassava cheese. In Ponorogo Regency, cassava cheese street vendors can be said to be in the minority, but this does not make cassava cheese competitive with today's trendy snacks.The research aims to analyze the business strategy of street vendors in maintaining consumer loyalty and also the influencing factors in maintaining consumer loyalty to cassava cheese street vendors. The object of this research is a street vendor who sells cassava cheese in Ponorogo Regency, especially in Balong District which has its own uniqueness compared to other traders. The method used in this research is a qualitative descriptive method that is field research. The technique used is in the form of observation, interviews and also documentation. The results of the study concluded that the business strategy of street vendors in maintaining consumer loyalty of cassava cheese, especially in Balong District, Ponorogo Regency was in accordance with the theory related to the factors that influence consumer loyalty. In terms of Islamic perspective analysis in general all variables in it have been fully met with the Islamic marketing mix theory. While the factors that influence the trading business strategy in maintaining consumer loyalty to the cassava cheese street vendor in Balong District have been said to be good, because according to the theory associated with the factors that influence the business success strategy. This study contributes to developing the concept of an in-depth study of strategies to maintain consumer loyalty to cassava cheese street vendors in Ponrogo Regency, especially in Baalong District.

Abstrak: Di era modern saat ini banyak bermunculan berbagai macan jajanan yang unik dan trendi mengikuti perkembangan zaman. Akan tetapi masih terdapat jajanan tradisional yang masih eksis mengikuti perkembangan zaman yakni singkong keju. Di Kabupaten Ponorogo PKL singkong keju dapat dikatakan minoritas, namun hal tersebut tidak membuat singkong keju merasa tersaingi dengan jajanan trendi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa strategi usaha PKL dalam mempertahankan loyalitas konsumen dan juga faktor yang mempengaruhi dalam mempertahankan loyalitas konsumen pada PKL singkong keju. Objek pada kajian ini adalah PKL yang menjual singkong keju di Kabupaten Ponorogo khususnya yang berada di Kecamatan Balong yang mana memiliki keunikan tersendiri dibanding pedagang lainnya. Metode yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang bersifat penelitian lapangan. Teknik yang digunakan berupa observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa strategi usaha PKL dalam mempertahankan loyalitas konsumen singkong keju khususnya di Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo sesuai teori yang dikaitkan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen. Dari segi analisa perspektif Islam secara umum semua variabel di dalamnya sudah sepenuhnya terpenuhi dengan teori marketing mix Islami. Sedangkan faktor yang mempengaruhi strategi usaha dagang dalam mempertahankan loyalitas konsumen pada PKL Singkong Keju di Kecamatan Balong sudah dikatakan baik, karena sesuai teori yang dikaitkan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi strategi keberhasilan usaha. Penelitian ini berkontribusi mengembangkan konsep kajian mendalam mengenai strategi mempertahankan loyalitas konsumen pada PKL singkong keju di Kabupaten Ponorogo khususnya di Kecamatan Balong.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, M. (2018). Manajemen Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Alma, B. (2013). Kewirausahaan. Alfabet.

Amirullah dan Hardjanto, I. (2005). Pengantar Bisnis Edisi Pertama. Graha Ilmu.

Annisaussa’aadah. (2017). Analisis Strategi Mempertahankan Konsumen di Toko Locked Target dalam Perspektif Ekonomi Islam. STAIN Kudus.

Asnawi dan Fanani, N. dan M. A. (2017). Pemasaran Syariah Teori, Filosofi dan Isu-isu Kontemporer. Raja Grafindo Persada.

Aswad. (2012). Kontribusi Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Khaldun dengan Pemikiran Ekonomi Modern. Graha Ilmu.

Curatman, A. (2020). Program Loyalitas Pelanggan. Graha Ilmu.

Hasan, A. (2013). Marketing. Media Utama.

Hidayat, T. (2022, February 5). Wawancara [Personal communication].

Huriyati, R. (2015). Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta.

Kartajaya, H. dan S. S. (2006). Syari’ah Marketing. Mizan Pustaka.

Khair, H. et. al. (2018). Manajemen Strategi. UMSU Press.

Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Zifatama Jawara.

Mardawi. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar dan Analisis Data dalam perspektif Kualitatif. Budi Utama.

Pamungkas, R. (2014). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Pemegang Usaha Waralaba. Universitas Diponegoro.

Rahardjo, S. S. (2009). Akuntansi Suatu Pengantar Edisi Lima. Salemba Empat.

Rusdianto, O. N. (2013). Makna Keuntungan Pada Para Pedagang Muslim di Pusat Grosir Surabaya. Universitas Airlangga.

Satria, B. (2015). Implementasi Strategi CRM Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Pada Pengusaha Retail Bahan Bangunan (Studi Kasus: Setu, Bekasi). Journal Of Applied Business and Economics, 1, 160.

Sukirno, S. (2006). Teori Pengantar Mikro Ekonomi. Raja Grafindo Persada.

Suryana. (2009). Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses Edisi Empat. Salemba.

Triton. (2007). Manajemen Strategis: Terapan Perusahaan dan Bisnis. Tugu Publisher.

Tyas, M. A. dan A. P. (2014). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Niat Menjadi Mitra Perspektif Islam Pada BMT Beringharjo Cabang Madiun. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 1(7), 492.

Umar, H. (2003). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. PT Gramedia.

Usman, A. M. (2015). Manajemen Strategis Syariah. Zikrul.

Zikmund, W. G., dkk. (2003). Customer Relationship Management: Integrating Marketing Strategy and Information Technology. John Willey and Sons Inc.,.

Published
2022-06-30