ANALISIS SWOT SEBAGAI UPAYA MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA DEPO AIR MINUM ISI ULANG TIRTO UTOMO SIWALAN MLARAK PONOROGO

  • Elmi Ulin Nafi'ah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Ruliq Suryaningsih Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Keywords: Marketing Strategy, Refill Drinking Water Depo, SWOT Analysis

Abstract

SWOT analysis is used as a tool to conduct strategic analysis for the company. Tirto Utomo's business in the last year has stagnated or even experienced a decrease in his income, namely on normal days spending around 400 gallons, while in the rainy season it has decreased by only 250-300 gallons. To anticipate this problem, Tirto Utomo improves product quality by paying more attention to cleanliness. However, in reality, their income has stagnated, and orders have often decreased. Therefore, this business requires a marketing strategy that can maximize its strengths and opportunities, while minimizing its weaknesses and threats by using a SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) matrix. This study aims to identify and analyze the marketing strategy applied to the Tirto Utomo refill drinking water depot business and to identify and SWOT analysis as an effort to determine the marketing strategy for the Tirto Utomo refill drinking water depot business. This type of research is field research using a qualitative approach. With data collection techniques through interviews, observation and documentation. Then analyzed using IFAS, EFAS, and SWOT matrices. The results of this study conclude that Tirto Utomo in terms of product, price, place, promotion and process Tirto Utomo has carried out a marketing strategy that is right on target with the company's goals. However, in terms of people and physical evidence, it is not appropriate, so an evaluation is needed in the future. Based on the results of the SWOT analysis diagram, Tirto Utomo is in quadrant 1, which is supporting an aggressive growth policy.

Abstrak: Analisis SWOT digunakan sebagai alat untuk melakukan analisis strategi bagi perusahaan. Usaha Tirto Utomo di tahun terakhir mengalami stagnasi atau bahkan mengalami penurunan pada pendapatannya yaitu dihari-hari normal menghabiskan kisaran 400 galon, sedangkan di musim penghujan mengalami penurunan yaitu 250-300 galon saja. Untuk mengantisipasi masalah tersebut Tirto Utomo melakukan peningkatan kualitas produk dengan lebih memperhatikan kebersihan. Namun pada kenyataanya tetap saja pendapatannya mengalami stagnasi bahkan sering mengalami penurunan pesanan. Maka dari itu, usaha ini memerlukan strategi pemasaran yang dapat memaksimalkan kekuatan dan peluang, disaat yang sama dapat meminimalkan kelemahan dan ancaman yang dimilikinya dengan menggunakan matrik SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan pada usaha depo air minum isi ulang Tirto Utomo serta mengetahui dan analisis SWOT sebagai upaya menentukan strategi pemasaran pada usaha depo air minum isi ulang Tirto Utomo. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan matriks IFAS, EFAS, dan matriks SWOT. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Tirto Utomo segi product, price, place, promotion dan prosess Tirto Utomo sudah melakukan strategi pemasaran tepat sasaran dengan tujuan perusahaan. Namun dari segi people dan physical evidence kurang tepat maka perlu adanya evaluasi untuk kedepanya. Berdasarkan hasil diagram analisis SWOT Tirto Utomo berada pada posisi kuadran 1 yaitu mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Affrillita, N. (2013). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Sepeda Motor Pada PT. Samekarindo Indah di Samarainda. EJournal Administrasi Bisnis Fisip Universitas Mulawarman, 1(56–70), 70.

Anissa & Shinta. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen, 17, 58–70.

Bahauddin, A. (2020). Manajemen Bisnis Kontemporer: Prinsip Dasar dan Aplikasi. Yogyakarta: Diandra Kreatif.

Damanuri, A. dkk. (2020). Pedoman Praktikum & Modul Kewirausahaan. Ponorogo: FEBI IAIN Ponorogo.

Darmanto, & Wardaya, S. (2016). Manajemen Pemasaran Untuk Mahasiswa , Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Yogyakarta: Deepublish.

Elwisam, E., & Lestari, R. (2019). Penerapan Strategi Pemasaran, Inovasi Produk Kreatif Dan Orientasi Pasar Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Umkm. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(2), 277–286.

Fahmi, I. (2018). Manajemen Resiko. Bandung: Alfabeta.

Gitosudarmo, I. (2016). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.

Kasmir & Jakfar. (2014). Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Prenadamedia Group.

Rangkuti, F. (2008). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Risqianto, D. A., Suroso, I., & Iskandar, R. (2018). Analisis Swot Sebagai Landasan Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Rameyza Tour & Travel Bondowoso. Relasi : Jurnal Ekonomi, 14(2), 96–118.

Saleh & Said. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. Makassar: CV SAH MEDIA.

Yulia, farida, Lamsah, & Periyadi. (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Published
2022-06-30