ANALISIS STRATEGI MEMPERTAHANKAN LOYALITAS KERJA KARYAWAN PADA TOKO BATIK SOEMOWARSO SURODIKRAMAN PONOROGO

  • Desi Nur Safitri Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Iza Hanifuddin Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Keywords: Loyalitas kerja, strategi, faktor yang mempengaruhi loyalitas kerja.

Abstract

Abstract: Work loyalty is one of the elements that can be used in employee assessment which includes loyalty to their work, position and organization. By paying attention to the factors that influence employee work loyalty, it can improve performance and keep employees committed to one company. Retaining employees is one of the main things for a company to do.

This study uses a qualitative approach. The purpose of qualitative research is to explain a phenomenon in detail by collecting detailed data, which shows the importance of the data being studied. Meanwhile, the type of research used is field research, which means aresearch that is carried out systematically by lifting data from the field. Field research aims to reveal facts and realities that exist in society.

Based on the results of this study indicate that the strategy to maintain employee loyalty at the Soemowarso Batik Shop can be said to be quite good. It is said to be quite good because the strategy used is in accordance with the strategy theory of maintaining employee work loyalty. However, in reality the implementation of a fairly good strategy has not been able to maintain employee loyalty. It can be concluded that there are still many factors that influence employee work loyalty that are not realized at the Soemowarso Batik Shop. So that it affects the results of implementing the strategies that have been carried out at the Soemowarso Batik Shop.

Abstrak: Loyalitas kerja adalah salah satu unsur yang dapat digunakan dalam penilaian karyawan yang mencakup kesetian terhadap pekerjaannya, jabatannya dan organisasinya. Dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas kerja karyawan dapat meningkatkan kinerja dan mempertahankan karyawan agar tetap berkomitmen pada satu perusahaan. Mempertahankan karyawan merupakan satu hal yang utama untuk dilakukan oleh suatu perusahaan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian kualitatif yaitu menjelaskan suatu fenomena secara detail dengan cara pengumpulan data yang detail juga, yang menunjukkan pentingnya kedalam data yang diteliti. Sedangan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field reseach) yang berarti suatu penelitian yang dilakukan secara sistematis dengan mengangkat data yang ada di lapangan. Penelitian lapangan (field research) bertujuan untuk mengungkap fakta dan kenyataan yang ada di masyarakat.

Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi untuk mempertahankan loyalitas kerja karyawan pada Toko Batik Soemowarso bisa dikatakan cukup baik. Dikatakan cukup baik karena strategi yang digunakan sesuai dengan teori strategi mempertahankan loyalitas kerja karyawan. Namun, pada kenyataannya dengan penerapan strategi yang cukup baik belum dapat mempertahankan loyalitas karyawan. Disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas kerja karyawan masih banyak yang tidak terealisasikan di Toko Batik Soemowarso. Sehingga mempengaruhi hasil dari penerapan strategi yang telah dilakukan di Toko Batik Soemowarso.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Chaerudin. (2020). Sumber Daya Manusia: Pilar Utama Kegiatan Operasional Organisasi . CV. Jejak.

Arikunto, S. (1995). Dasar-Dasar Research. Tarsoto.

Fauziyyah Kurnia Akbar, P. (2012). Aktivitas Custome Relations Rumah Sakit Melalui Pendekatan Agama. Universitas Muhammadiyah Malang.

Hasibun, M. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta.

Husni, S. M. dan F. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja, Kompensasi, dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Kerja Pegawai Rutan di Provinsi Aceh (Study Kasus pada Rutan Klan IIB Jantho. Jurnal Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsyiah, 2(1), 88–98.

Janet Siagian, A. (2019). Strategi Employee Relations dalam Mempertahankan Loyalitas karyawan Studi Kasus PT. Kasus Perkebunan Nusantara VII. Universitas Multimedia Nusantara.

Mandala Putri, J. (2021). Analisis Strategi Mempertahankan Loyalitas Kerja Karyawan pada PT. Mandala Multifinance. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Marchelle Soegandhi, V. (2013). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Loyalitas Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior pada Karyawan PT. Surya Timur Sakti Jatim. Jurnal Agro, 1(1), 808–819.

Molleong, L. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Harus Berkarya.

Nurdin, I. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Media Sahabat Cendekia.

Purbo Saputri, A. (2019). Menjaga Loyalitas Kerja pada Karyawan Bagian Loyalitas Karyawan Studi Kasus PT. Kasus Perkebunan Nusantara VII. Universitas Multimedia Nusantara.

Ridwan. (2006). Metode & Teknik Penyusunan Tesis. Alfabeta.

Sari, N. (2019). Pengaruh Insentif dan Disiplin Kerja Terhadap Loyalitas Karyawan Studi Pada Karyawan PT. Silver Silk Tour & Travel Pekanbaru. JOM FISIB, 6(1), 1–12.

Sarifudin, M. (2021). Pembiayaan Musyarakah dalam Meningkatkan Pendapatan Nasabah di BPRS. Bintang Pustaka Madani.

Simamora, H. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. STIE YPKN.

Simanjutak, P. (2002). Manajemen Tenaga Kerja. Bina Aksara.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif R&D. Alfabeta.

Suhendi, H. (2010). Fiqh Muamalah. PT. Raja Grafindo Persada.

Suparmoko dan Irawan. (2002). Ekonomi Pembangunan. BPEF.

Widjadjakusuma, K. (2003). Pengantar Manajemen Syariat. Khairul Bayan Press.

Wilianto, H. (2019). Pemetaan Loyalitas Karyawan PT. Mitra Tritunggal Sakti. Jurnal Manajemen Bisnis, 7(1), 1–14.

Published
2022-06-30