FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS KONSUMEN TOKO STARS MADIUN 2

  • Ridha Maisaroh Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Maulida Nurhidayati Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Keywords: Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Konsumen, Partial Least Square (PLS)

Abstract

Consumer loyalty is a positive attitude given by consumers to a product or company caused by consumer satisfaction with the product or company which is manifested by repeat purchase behavior to recommend it to anyone they know. This study aims to determine and analyze the effect of price, promotion, and service quality on consumer loyalty at Stars Madiun 2 Store. This research is a field research with a quantitative approach. Stars Madiun 2 shop consumers are the population in this study with 97 consumers as samples. Sampling was done by incidental sampling method. Data were analyzed by Partial Least Square (PLS) method. The results showed that price and promotion had a positive effect on consumer loyalty. While the quality of service has no effect on consumer loyalty. The magnitude of the influence of price, promotion, and service quality on consumer loyalty has an effect of 66.5% and 33.5% is influenced by variables that are not included in the model. The price variable has the greatest contribution to loyalty. The Stars Madiun 2 store must consider prices more carefully, such as providing more competitive prices, and offering a variety of products accompanied by good quality. After that, promotion and service quality can be improved.

 

Loyalitas konsumen merupakan sikap positif yang diberikan oleh konsumen kepada suatu produk atau perusahaan yang disebabkan oleh kepuasan konsumen terhadap produk atau perusahaan tersebut yang diwujudkan dengan perilaku pembelian berulang hingga merekomendasikannya kepada siapapun yang mereka kenal. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen Toko Stars Madiun 2. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Konsumen Toko Stars Madiun 2 merupakan populasi pada penelitian ini dengan 97 konsumen sebagai sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode incidental sampling. Data dianalisis dengan metode Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga dan promosi berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen. Sedangkan kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Besarnya pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen berpengaruh sebesar 66,5% dengan 33,5% dipengaruhi oleh variabel yang tidak masuk dalam model. Variabel harga memiliki kontribusi paling besar terhadap loyalitas. Toko Stars Madiun 2 harus lebih mempertimbangkan harga dengan matang, seperti memberikan harga yang lebih kompetitif, dan bermacam-macam dengan diiringi dengan kualitas produk yang baik. Setelah itu dapat dilakukan peningkatan promosi dan kualitas pelayanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Arif, M. N. R. (2010). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: ALFABETA.

Alma, B., & Priansa, D. J. (2009). Manajemen Bisnis Syariah. Bandung: ALFABETA.

Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94

Aprilinda, P. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Kedai Kings Coffee Lippo Cikarang (Skripsi). Universitas Pelita Bangsa, Bekasi.

Arnina P. (2016). Langkah-Langkah Efektif Menyusun SOP. Depok: Huta Publisher.

Atmaja, J. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB. Jurnal ECODEMICA, 2(1), 49–63.

Cardia, D. I. N. R., Santika, I. W., & Respati, N. N. R. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. E-Jurnal Manajemen, 8(11), 6762–6781. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i11.p19

Dharmmesta, B. S. (1999). Loyalitas pelanggan: Sebuah kajian konseptual sebagai panduan bagi peneliti. Jurnal ekonomi dan bisnis Indonesia, 14(3).

Ghaisani, R. P., Darsiharjo, & Miftah, R. (2016). PENGARUH PROMOSI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI SUIS BUTCHR STAK HOUSE SETIABUDHI BANDUNG. The Journal Gastronomy Tourism, 3(1), 255–264.

Hasan, A. (2015). Tourism Marketing. Yogyakarta: CAPS.

Herawati, N., & Qomariyah, N. (2017). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI EMPIRIS PELANGGAN SEPEDA MOTOR MATIC HONDA DI SURAKARTA). BHIRAWA, 4(1), 1–15.

Huda, N., Novarini, Mardoni, Y., & Sari, C. P. (2015). Zakat: Perspektif mikro-makro pendekatan riset. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Insani, N. A., & Madiawati, P. N. (2020). Pengaruh Citra Merk dan Lokasi Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA, 4, 21.

Izzah, D., & Chasanah, U. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek, dan Harga terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Konsumen sebagai Pemediasi pada Sinau Kopi PT. Abadi Bina Indonesia. (Skripsi). STIE Widya Wiwaha, Yogyakarta.

Kasmir. (2016). Kewirausahaan. Jakarta: Rajawali Press.

Khaihatu, T. S., Daengs, A., & Indrianto, A. L. (2015). Manajemen Komplain. Yogyakarta: Andi Offset.

Kotler, Philip, & Keller, L. K. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philips, & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Laksana, F. (2008). Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lupiyoadi, R. (2008). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Moenir. (2010). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Mursyid, G. M. (2018). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Empiris Pada Pelanggan Foto Studio 26 Surakarta. (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Noorhayati, N. (2018). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KARTU PRABAYAR TELKOMSEL (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE Muara Teweh). Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 12(1), 42–52.

Pradana, F. (2018). Pengaruh Manajemen Hubungan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Pengalaman Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Nasabah Pt Fac Sekuritas Indonesia Di Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis, 9(2), 193–212. https://doi.org/10.18196/mb.9262

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Rizqia, F. (2018). Pengaruh Labelisasi Halal, Harga dan Kualitas Pelayanan, Terhadap Keputusan Pembelian Halal Food, di Studio Foodcourt Tunjungan Plaza Surabaya (Skripsi). Universitas Islam Negeri sunan Ampel Surabaya, Surabaya.

Rosnaida, R. (2017). PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN KECAP INDOFOOD (STUDI KASUS PADA IBU – IBU RUMAH TANGGA DESA BUNUT SEBERANG KEC. PULO BANDRING). JURNAL PIONIR, 2(3), 1–13.

Salim, A. P., & Hermani, A. (2018). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Pada Pelanggan Pasta Gigi Formula berusia > 15 tahun di Kelurahan Bulusan dan Tembalang, Kecamatan Tembalang, Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(2), 107–115.

Sarmadi, S. (2012). Spiritualitas Bisnis Mencari Ridho Ilahi. Yogyakarta: CV. Aswaja Pressindo.

Setiyaningrum, A. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Sola, K. I. (2017). Pengaruh harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan (studi kasus pada Sakola Factory Outlet Jogja) (Skripsi, Sanata Dharma University). Sanata Dharma University, Yogyakarta. Diambil dari https://repository.usd.ac.id/22915/

Suarmawan, K. A. (2015). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN USAHA MIKRO DAN KECIL (STUDI PADA USAHA KERAJINAN INGKA DI DESA BULIAN, KEC. KUBUTAMBAHAN). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpe.v5i1.6377

Sukpa, W. D., Wijayanto, G., & Taufiqurrahman. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan, kebijakan harga terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan pada jasa lapangan Internasional futsal Pekanbaru. Jom FEKON, 2(1), 1–18.

Sunarya, A., Sudaryono, & Saefullah, A. (2011). Kewirausahaan. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. (2000). Prinsip & Dinamika Pemasaran (Pertama). Yogyakarta: J & Learning.

Tjiptono, Fandy. (2006). Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media.

Published
2021-12-06