STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO SEPEDA EKS BIKE DOLOPO
Abstract
Marketing strategy is an entire system of business activities designed to determine and plan prices, promotions and distributions that can satisfy current and potential consumers. Marketing strategy is marketing that seeks to embed the industry and its products in the minds of customers. This strategy has the aim of winning a market with 3 components, namely segmentation, targeting, and positioning. The purpose of this study is to determine the implementation of segmentation marketing strategies in order to increase sales at Ex Bike Shops, to determine the implementation of targeting marketing strategies in order to increase sales at Ex Bike Shops, to determine the implementation of positioning marketing strategies in order to increase sales at Ex Bike Shops and to find out impact after segmentation, targeting, and positioning at the Ex Bike Shop have been carried out. This study uses qualitative research methods by using the type of field research (field research). Data collection techniques used are interviews and observations. The results of this study use a deductive method that starts with general questions and ends with specific conclusions. Based on the results of the study, it can be seen that (1) the marketing strategy by using segmentation at the Ex Bike Shop only applies geographic and demographic segmentation. (2) The marketing strategy by using targeting at the Ex Bike Shop is not specifically determined for certain circles but for the entire community. (3) The marketing strategy by using positioning at the Ex Bike Shop favors mountain bikes by targeting those who like strong, durable and tough bikes. (4) The impact of the implementation of the marketing strategy of segmentation, targeting, and positioning carried out by the Ex Bike Shop is still not maximized. Especially for the segmentation whose sales focus is only in the Dolopo District and its surroundings, in the end the market segmentation is less broad. Then the specific targeting of the target market has not been formed, so the impact of implementing this strategy has not been able to increase sales.
Abstrak
Strategi pemasaran merupakan suatu keseluruhan sistem dari aktivitas bisnis yang dibuat untuk menentukan serta merencanakan harga, promosi dan melakukan distribusi yang bisa memberikan kepuasan pada konsumen sekarang ini dan konsumen potensial nantinya. Strategi pemasaran merupakan pemasaran yang berupaya menanamkan industri serta produknya di pikiran pelanggan. Strategi ini memiliki tujuan agar dapat memenangkan suatu pasar dengan tiga komponen ialah segmentation, targeting, positioning. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan strategi pemasaran segmentation dalam rangka meningkatkan penjualan pada Toko Eks Bike, untuk mengetahui pelaksanaan strategi pemasaran targeting dalam rangka meningkatkan penjualan pada Toko Eks Bike, untuk mengetahui pelaksanaan strategi pemasaran positioning dalam rangka meningkatkan penjualan pada Toko Eks Bike dan mengetahui dampak setelah dilakukan segmentation, targeting, dan positioning pada Toko Eks Bike. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini menggunakan metode deduktif yang dimulai dengan pertanyaan umum kemudian diakhiri dengan kesimpulan yang bersifat khusus. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) strategi pemasaran dengan menggunakan segmentation pada Toko Eks Bike hanya menerapkan segmentasi geografi dan demografi saja. (2) Strategi pemasaran dengan menggunakan targeting pada Toko Eks Bike secara spesifik tidak menentukan untuk kalangan tertentu saja melainkan untuk seluruh kalangan masyarakat. (3) Strategi pemasaran dengan menggunakan positioning pada Toko Eks Bike mengunggulkan sepeda gunung dengan menyasar pada mereka yang menyukai sepeda yang kuat, awet dan tangguh. (4) Dampak dari penerapan strategi pemasaran segmentation, targeting, dan positioning yang dilakukan oleh Toko Eks Bike masih belum maksimal. Terutama untuk segmentation yang fokus penjualannya hanya di wilayah Kecamatan Dolopo dan sekitarnya pada akhirnya segmentasi pasar kurang luas. Kemudian targeting yang secara spesifik target pasar belum terbentuk, sehingga dampak dari penerapan strategi ini belum mampu meningkatkan penjualan.
Downloads
References
Alma, B., & Priansa, D. J. (2009). Manajemen bisnis syariah: penuntun perkuliahan bagi para mahasiswa, pencerahan bagi para pedagang, pengembangan marketing syariah/spiritual marketing bagi para pengusaha. Alfabeta.
Assauri, S. (n.d.). Manajemen Pemasaran,(Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014). Cet. Ketujuh.
Chandra, T. D. (2012). Market Targeting. Erlangga: Jakarta.
Hanif. (n.d.). Wawancara 20 Januari 2022.
Herlambang, S. (2014). Basic Marketing (Dasar-Dasar Pemasaran) Cara Mudah Memahami Ilmu Pemasaran. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Irawan, B. S. (2005). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Ismanto, J. (2020). Manajemen Pemasaran" Prodi Akuntansi S-1".
Kristanto, J. (2013). Manajemen Pemasaran Internasional: Sebuah Pendekatan Strategi.
Putri, R. B., & Pt, S. (2017). Manajemen Pemasaran. dENPASAR: Fakultas Peternakan Universitas Udayana.
Statistik, B. P. (2022). Badan Pusat Statistik. Retrieved from https://madiunkab.bps.go.id/statictable/2021/04/21/2094/jumlah-penduduk-menurut-kecamatan-dan-agama-yang-dianut-di-kabupaten-madiun-2019.html
Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.
Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi penelitian bisnis dan ekonomi.
Sula, M. S., & Kartajaya, H. (2006). Syariah marketing. Mizan Pustaka.
Copyright (c) 2022 Riska Oktavian, Luthfi Hadi Aminuddin2
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.