Bauran Promosi terhadap Minat Masyarakat dalam Membayar Zakat pada LAZISMU Kabupaten Ngawi
Abstract
This research is motivated by the lack of public interest in paying zakat. Therefore, LAZISMU Ngawi Regency uses a mix promotion strategy to attract public interest by promoting the five existing programs at LAZISMU Ngawi Regency, namely: education, health, social da'wah, humanity, and economy. The purpose of this study was to analyze the effect of promotion on public interest in paying zakat at LAZISMU Ngawi Regency. The type of research used is field research. This research approach uses descriptive qualitative. The research was conducted at LAZISMU Ngawi Regency with data collection techniques using interviews, observation, and documentation. The results of this study indicate that: 1) the strategy used by LAZISMU Ngawi Regency has carried out 4 promotional mix mixes, namely: advertising, personal selling, publicity, and sales promotion; 2) promotions carried out by LAZISMU in Ngawi Regency can increase fundraising activities. LAZISMU Ngawi Regency uses two fundraising strategies, namely regular and incidental; 3) LAZISMU Ngawi Regency in carrying out promotions on zakat is quite good. Obtained from existing data, LAZISMU Ngawi Regency from 2019 to 2020 has increased by up to 100%.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat masyarakat dalam membayar zakat. Oleh karena itu, LAZISMU Kabupaten Ngawi menggunakan strategi promosi campuran untuk menarik minat masyarakat dengan cara mempromosikan lima program yang ada di LAZISMU Kabupaten Ngawi, yaitu: pendidikan, kesehatan, sosial dakwah, kemanusiaan, dan ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh promosi terhadap minat masyarakat dalam membayar zakat pada LAZISMU Kabupaten Ngawi. Jenis penelitian yang digunakan, yaitu penelitian lapangan (field research). Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di LAZISMU Kabupaten Ngawi dengan teknik pengumpulan data menggunakan kegiatan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) strategi yang digunakan LAZISMU Kabupaten Ngawi telah melakukan 4 bauran promosi, yaitu: periklanan, penjualan perseorangan, publisitas, dan promosi penjualan; 2) promosi yang dilakukan LAZISMU Kabupaten Ngawi dapat meningkatkan kegiatan penggalangan dana. LAZISMU Kabupaten Ngawi menggunakan dua strategi penggalangan dana, yaitu secara reguler dan insidental; 3) LAZISMU Kabupaten Ngawi dalam melaksanakan promosi tentang zakat sudah cukup baik. Diperoleh dari data yang ada, LAZISMU Kabupaten Ngawi dari tahun 2019 ke tahun 2020 mengalami kenaikan hingga 100%.