Penerapan Kerangka Malcom Baldrige dalam Meningkatkan Kinerja Manajemen Bisnis pada Pelaku UMKM di Kabupaten Ciamis

  • Hanan Afif Syauqi UIN Prof. K.H.Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Ulinida Atunnisa UIN Prof.K H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Vina Uljanah UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
Keywords: kerangka Malcolm Baldrige, kinerja manajemen bisnis, UMKM, business management performance, Malcolm Baldrige framework, MSMEs

Abstract

This research aims to examine the application of the Malcolm Baldrige Framework in improving business management performance among Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in Ciamis Regency. The Baldrige Framework is a comprehensive model encompassing seven performance criteria: leadership, strategic planning, customer focus, measurement, analysis, and knowledge management, workforce focus, and performance results. This study employs a descriptive qualitative approach. Data were collected through in-depth interviews, observations,

 

and document studies on several MSMEs in Ciamis Regency that have implemented the Baldrige Framework. Data analysis techniques used the Miles and Huberman model, which consists of data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The research results indicate that the application of the Baldrige Framework in MSMEs in Ciamis Regency has had a positive impact on business management performance, as evidenced by achieving the title of Emerging Industry Leader with an Average level. This study concludes that the Baldrige Framework can be an effective model for enhancing business management performance among MSMEs.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan Kerangka Malcolm Baldrige dalam meningkatkan kinerja manajemen bisnis pada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Ciamis. Kerangka Baldrige merupakan model komprehensif yang mencakup tujuh kriteria kinerja, yaitu kepemimpinan, perencanaan strategis, fokus pelanggan, pengukuran, analisis, dan manajemen pengetahuan, fokus tenaga kerja, serta hasil-hasil kinerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi pada beberapa UMKM di Kabupaten Ciamis yang telah menerapkan Kerangka Baldrige. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kerangka Baldrige pada UMKM di Kabupaten Ciamis telah memberikan dampak positif terhadap kinerja manajemen bisnis, hal tersebut berdasarkan hasil memperoleh predikat Emerging Industry Leader dengan level Average. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Kerangka Baldrige dapat menjadi model yang efektif untuk meningkatkan kinerja manajemen bisnis pada pelaku UMKM.

References

Ade Aawan, dkk. (2024). Analisis Customer Delight Dan Trust Terhadap Penggunaan Aplikasi Bri Mobile Di Kelurahan Purwanegara. JOMI.Vol, 1,1

Alfrian, G. R., & Pitaloka, E. (2020), November). Strategi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bertahan pada kondisi pandemik covid 19 di Indonesia. In ProsidingSeminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) (Vol. 6, No. 2, pp.139-146).

Asmini, A., Sutama, I. N., Haryadi, W., & Rachman, R. (2020). Manajemen business cycleSebagai basis Peluang Usaha Pasca Covid-19: Suatu strategi pemulihan ekonomi masyarakat. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 1(2), 121-129.

Brown, M. G. (2014). Baldrige Award Winning Quality (8th Edition). London: CRC Press.

Denis, L. (2006). The Impact of Baldrige on Corporate Financial and Non Financial Performance. Conference: 18th Annual ASQ Quality Management Division Conference, March, 1–11.

Dsouza, S. C., & Sequeira, A. H. (2012). Application of Malcolm Baldrige Quality Framework to Enhance Performance in Healthcare Organisation. SSRN Electronic Journal, April, 1–11.https://doi.org/10.2139/ssrn.2037944

Erwan, & Dyah. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif (Edisi Pertama). Yogyakarta: Gaya Media.

Illinois. Malcolm Baldrige National Quality Award (MBNQA). (2021). Baldrig Excellence Framework: A Systems Approach to Improving Your Organization’s Performance. Gaithersburg: US Department of Commerce National Institute of Standards and Technology.

Jennifer, S. (2019). Using the Baldrige Leadership Model to Overcome Evasive Organizational Challenges. Chicago

Malcolm Baldrige National Quality Award (MBNQA). (2022). Baldrige Excellence Framework: Criteria for Performance Excellence. Gaithersburg:USDepartment of Commerce National Institute of Standards and Technology.

Mirna,dkk. (2024). Efektivitas Penerapan Direct Marketing Pada Penjualan Rekening Rencana Tabungan Simas Haji Bank Sinarmas Syari’ah Kcp Purwokerto. JOMI. Vol, 2, 2

Moleong, J. L. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Dien, Ratu Mutiara, Arijanto, Sugih, & Liansari, Gita Permata. (2022). Identifikasi Faktor yang Berpengaruh Terhadap Performansi Kerja Umkm Kota Bandung Berdasarkan Kategori Perencanaan Strategis Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE). FTI.

Yoiz Shofwa Shafrani, dkk. (2024). Analisis Strategi Membangun Brand Image Melalui Konten Media Sosial Instagram untuk Meningkatkan Minat Investasi Tabungan Emas di Pegadaian Syariah Purwokerto. JOMI. Vol 3, 4.

Published
2024-06-30
How to Cite
Syauqi, H. A., Atunnisa, U., & Uljanah, V. (2024). Penerapan Kerangka Malcom Baldrige dalam Meningkatkan Kinerja Manajemen Bisnis pada Pelaku UMKM di Kabupaten Ciamis. Nidhomiya: Research Journal of Islamic Philanthropy and Disaster, 3(1), 21-31. https://doi.org/10.21154/nidhomiya.v3i1.3245