Optimalisasi zakat produktif Optimalisasi Zakat Produktif Dalam Pemberdayaan Peternak Ayam Kampung di Dusun Semenok Desa Ngebel

Zakat produktif: pemberdayaan peternakan ayam kampung

  • Naluri Sari Amalia Naluri IAIN Ponorogo
  • Ahmad Maufiq Rifai Maufiq
  • Lia Agustin Lia
  • M. Bagas Adi Ilham Utomo Bagas
  • M. Nur Ihsan Nur
Keywords: Optimalisasi Zakat Produktif, Pemberdayaan Peternak Ayam Kampung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami lebih rinci mengenai optimalisasi zakat produktif dalam pemberdayaan peternakan ayam kampung di Dusun Semenok, Desa Ngebel, Kabupaten Ponorogo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu dengan mendeskripsikan hal-hal yang berkaitan dengan optimalisasi zakat produktif untuk pemberdayaan masyarakat.
Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil dari proses wawancara kepada mustahik penerima zakat, serta sumber literatur yang membahas tentang pemberdayaan masyarakat baik berupa tinjauan literatur dalam buku ataupun dalam media elektronik serta jurnal-jurnal terkait.
Program bantuan hasil dari zakat produktif ini disalurkan oleh masyarakat yang termasuk kedalam salah satu 8 asnaf yaitu masyarakat miskin. Bantuan yang diberikan adalah ayam kampung yang berjumlah 3 ekor dan pakan ayam. Bantuan ini diharapkan dapat dikembangan agar dapat menjadi modal awal masyarakat penerima bantuan, sehingga para mustahik dapat menjadi lebih sejahtera. Mustahik penerima bantuan ini berjumlah 17 orang. Dengan adannya bantuan ini, diharapkan mustahik dapat terbantu dari segi ekonomi kemudian kelak mereka dapat menjadi muzaki.

Published
2024-06-30
How to Cite
Naluri, N. S. A., Maufiq, A. M. R., Lia, L. A., Bagas, M. B. A. I. U., & Nur, M. N. I. (2024). Optimalisasi zakat produktif Optimalisasi Zakat Produktif Dalam Pemberdayaan Peternak Ayam Kampung di Dusun Semenok Desa Ngebel: Zakat produktif: pemberdayaan peternakan ayam kampung. Nidhomiya: Research Journal of Islamic Philanthropy and Disaster, 3(1). https://doi.org/10.21154/nidhomiya.v3i1.3046