Analisis Faktor yang Mempengaruhi Intensi Masyarakat Membayar Infak dan Sedekah melalui E-Wallet

  • Anton Atmaja Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Muhtadin Amri Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Keywords: e-wallets, infaq and alms, intention, infak dan sedekah, intensi

Abstract

Few people know that infaq and alms payments can be made through e-wallets. So, this study aims to examine and analyze the factors influencing people's intentions to pay infaq and alms through e-wallets. This research is expected to be a reference for the community regarding infaq and alms payments through e-wallets. It can assist infaq and alms managers in finding good strategies for increasing infaq and alms collection through e-wallets. This study uses quantitative methods, data collection techniques using questionnaires via Google form, and snowball sampling techniques. This study also uses SEM-PLS data analysis techniques with the help of Smart PLS 3.3.3 Software. The results of this study are that there is a positive and significant influence from personal, psychological, cultural, and social factors on people's intentions to pay infaq and alms through e-wallets. Thus, it can be concluded that personal, psychological, cultural, and social factors can determine people's intentions to pay infaq and alms through e-wallets.

Saat ini masyarakat belum banyak yang mengetahui bahwa pembayaran infak dan sedekah bisa melalui e-wallet. Maka penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi intensi masyarakat dalam pembayaran infak dan sedekah melalui e-wallet. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan untuk masyarakat terkait pembayaran infak dan sedekah melalui e-wallet, dan dapat membantu pengelola infak dan sedekah untuk menemukan strategi yang baik dalam meningkatkan penghimpunan infak dan sedekah melalui e-wallet. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form, serta teknik pengambilan sampel menggunakan snowball sampling. Penelitian ini juga menggunakan teknik analisis data SEM-PLS dengan bantuan software Smart PLS 3.3.3. Hasil dari penelitian ini ialah terdapat pengaruh positif dan signifikan dari faktor pribadi, psikologi, kebudayaan, dan sosial terhadap intensi masyarakat dalam pembayaran infak dan sedekah melalui e-wallet. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor pribadi, psikologi, kebudayaan, dan sosial dapat menentukan intensi masyarakat untuk membayar infak dan sedekah melalui e-wallet.

Published
2022-12-31
How to Cite
Atmaja, A., & Amri, M. (2022). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Intensi Masyarakat Membayar Infak dan Sedekah melalui E-Wallet. Nidhomiya: Research Journal of Islamic Philanthropy and Disaster, 1(2), 1-21. https://doi.org/10.21154/nidhomiya.v1i2.1343