https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/kindergarten/issue/feedKindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia2024-10-23T02:54:27+00:00Open Journal Systemshttps://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/kindergarten/article/view/3978- EFEKTIVITAS PENGGUNAAN YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN2024-10-23T02:51:36+00:00Wuri Annisa Nurfadlilah[email protected]<p>Kemampuan Bahasa anak menjadi salah satu faktor penting dalam kehidupan manusia, dimana bahasa digunakan sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan orang lain dan menjalankan kehidupan. Tujuan utama dari penelitian ini yaitu mengetahui efektivitas kemampuan bahasa melalui Youtube sebagai sarana edukasi terhadap orang tua sebagai pendidik ketika dirumah, untuk senantiasa mengawasi dan memberikan fasilitas sarana belajar anak yang baik dan sesuai dengan porsi anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau <em>Research and Development (R&D)</em>. Secara keseluruhan peneliti membagikan angket kepada 25 orang tua Dari jumlah tersebut, hanya 22 orang tua (Laki-laki : 11 anak, Perempuan : 11 anak) yang mengembalikan <em>pre-test </em>dan <em>post-test</em> secara lengkap, tepat waktu dan sesuai dengan prosedur. Uji alternatif lain dari uji t yaitu <em>Wilcoxon Signed Ranks Test</em>. Hasil evaluasi dan analisis data menunjukkan bahwa penggunaan youtube animasi sebagai media untuk pengembangan kemampuan bahasa pada anak usia 4-5 tahun. Hal ini dapat terjadi karena anak melihat berbagai video yang ada di youtube animasi, sehingga kemampuan bahasa anak terstimulus melalui video yang mereka tonton dan pemilihan video telah melalui pemilihan dari orang tua atau guru yang didalamnya mengandung nilai-nilai moral atau nilai kebaikan lainnya.</p> <p>Kemampuan Bahasa, Anak Usia Dini, <em>Youtube</em></p>2024-10-21T06:10:09+00:00Copyright (c) 2024 Kindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesiahttps://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/kindergarten/article/view/3796Teachers' strategies for stimulating fine motor skills in early childhood in coloring extracurricular activities at Muslimat NU 001 Ponorogo Kindergarten2024-10-23T02:51:37+00:00kafaina ittaqoina[email protected]Tirta Dimas Wahyu Negara[email protected]<p>Early childhood is a very important period to provide stimulation so that children's growth and development becomes optimal. Fine motor development is one aspect of development in children that must receive stimulation. Fine motor development is related to a child's ability to carry out activities involving small muscles that require coordination between the eyes, hands and brain as the control center. As a facilitator in the learning process the teacher must be able to choose the right strategy to achieve the learning objectives. Strategy is something that is prepared to achieve certain goals. This research uses a qualitative approach with a qualitative descriptive research type. Data collection techniques are observation, interviews and documentation. The data analysis technique uses the Miles and Huberman concept, namely through data reduction, data presentation, and drawing conclusions from research. The results of the research found that: 1) The fine motor skills of young children at TK Muslimat NU 001 Ponorogo have developed well. 2) Strategies used by teachers in training fine motor skills in early childhood at Muslimat NU 001 Ponorogo Kindergarten 1) Introduction of colors to children carried out by teachers; 2) Teach children good and correct coloring techniques; 3) Guide, give examples and provide explanations directly in front of the child.</p>2024-10-21T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Kindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesiahttps://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/kindergarten/article/view/3746UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK MELALUI PEMBIASAAN SHALAT DHUHA DI TK ISLAM KHAIRIAH JIMBE JENANGAN PONOROGO 2024-10-23T02:51:38+00:00mega sulfiani[email protected]Yuli Salis Hijriyani[email protected]<p> Perkembangan nilai agama dan moral merupakan suatu kemampuan anak dalam beriskap dan berperilaku tetapi saat ini baanyak anak yang belum bisa memahami terhadap aturan kegiatan pembiasaan disekolah seperti anak sulit mengikuti aktifitas bersama guru. Padahal disisi lain terdapat pembelajaran bersikap dan bertutur kata yang menjadi pondasi awal untuk bekal anak dimasa yang akan mendatang untuk menjadi peribadi yang memiliki nilai agama dan moral yang baik. Shalat dhuha menjadi rutinitas harian anak yang dilakukan sebagai bentuk penanaman nilai agama dan moral. Oleh karena itu penelitian tentang upaya guru dalam meningkatkan perkembangan nilai agama dan moral melalui pembiasaan shalat dhuha sangat penting untuk dilakukan</p> <p> Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan pembiasaan shalat di TK Islam Khairiah Jimbe Jenangan Ponorogo (2) untuk mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi perkembangan nilai agama dan moral melalui pembiasaan shalat dhuha di TK Islam Khairiah Jimbe Jenangan Ponorogo (3)untuk mendeskripsikan tingkat capaian perkembangan nilai agama dan moral melalui pembiasaan shalat dhuha di TK Islam Khairiah Jimbe Jenangan Ponorogo.</p> <p> Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan shalat dhuha merupakan kegiatan terjadwal di sekolah yang dilakukan di Masjid pada pukul 07.30 WIB. Sebelum shalat dhuha diawali dengan wudhu, belajar adzan, menghafal surah pendek serta asmaul husna dan diakhiri dengan berdoa dan berzikir.(2) Faktor yang mempengaruhi Perkembangan nilai agama dan moral yaitu faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal merupakan keinginan anak untuk mengikuti shalat dhuha dan ketertiban anak melakukan shalat, faktor eksternal yaitu sarana prasarana yang memadahi untuk melakukan pembiasaan shalat dhuha di sekolah berupa tempat ibadah atau masjid.(3) Capaian tingkat pengembangan nilai agama dan moral melalui shalat dhuha berkembang sesuai dengan yang diharapkan, diantaranya mampu mengenal agama yang dianut, meniru gerakan shalat dengan benar, berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu, mengenal perilaku yang baik, membiasakan diri berperilaku baik,serta memberi salam dan membalas salam. Dengan adanya pembiasaan shalat dhuha dapat membentuk anak memiliki nilai agama dan moral yang baik sesuai.</p>2024-10-21T06:12:02+00:00Copyright (c) 2024 Kindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesiahttps://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/kindergarten/article/view/3249Pengendalian Diri Dalam Meningkatkan Moralitas Remaja: Prespektif Psikologi Islam2024-10-23T02:51:39+00:00Marwah Yunika[email protected]<table width="586"> <tbody> <tr> <td width="586"> <table width="586"> <tbody> <tr> <td width="586"> <p><strong>ABSTRACT</strong></p> <p>Adolescents are an important phase in an individual's life, marked by the search for identity and integration into society. This article discusses the importance of self-control in the moral development of adolescents, focusing on modern psychology and Islamic perspectives. The method used in this research is qualitative research with a library research method, by collecting data and information available in libraries, and previous studies. Self-control, or self-control, is the ability to regulate behavior according to social and moral norms. In Islam, self-control is referred to as mujahadah an nafs, which depicts the struggle against desires. Good self-control is important in shaping a good personality in adolescents. Factors such as parental upbringing and social environment influence the development of adolescent self-control. This article also provides steps to enhance adolescent self-control, including supporting rational decision-making, building open communication, and encouraging worship practices as a shield against negative temptations. With an integrated approach between psychology and Islamic teachings, it is hoped that adolescents can develop strong self-control to achieve good life goals and high morality.</p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> </td> </tr> <tr> <td width="586"> <p>Remaja adalah fase penting dalam kehidupan individu, ditandai dengan pencarian identitas dan integrasi ke dalam masyarakat. Artikel ini membahas tentang pentingnya kontrol diri dalam perkembangan moral remaja, dengan fokus pada psikologi modern dan perspektif Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan, dengan mengumpulkan data dan informasi yang tersedia di perpustakaan, dan penelitian-penelitian terdahulu. Kontrol diri, atau pengendalian diri, adalah kemampuan untuk mengatur perilaku sesuai dengan norma-norma sosial dan moral. Dalam Islam, pengendalian diri disebut sebagai mujahadah an nafs, yang menggambarkan perjuangan melawan hawa nafsu. Kontrol diri yang baik penting dalam membentuk kepribadian yang baik pada remaja. Faktor-faktor seperti pola asuh orang tua dan lingkungan sosial mempengaruhi perkembangan kontrol diri remaja. Artikel ini juga memberikan langkah-langkah untuk meningkatkan kontrol diri remaja, termasuk mendukung pengambilan keputusan yang rasional, membangun komunikasi yang terbuka, dan mendorong praktik ibadah sebagai perisai dari godaan yang bersifat negatif. Dengan pendekatan yang terintegrasi antara psikologi dan ajaran Islam, diharapkan remaja dapat mengembangkan kontrol diri yang kuat untuk mencapai tujuan hidup yang baik dan berakhlak mulia</p> <p> </p> <p> </p> </td> </tr> </tbody> </table> </td> </tr> <tr> <td width="586"> </td> </tr> </tbody> </table>2024-10-21T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Kindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesiahttps://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/kindergarten/article/view/2908Branding BRANDING STRATEGIES IN RISING THE NUMBER OF PARTNERS2024-10-23T02:51:41+00:00FAUZIAH[email protected]<p><em>Many educational institutions have emerged, giving rise to competition. To attract new students, educational institutions must find ways to attract students to their educational institutions. This research aims to find out what branding strategies can be carried out, how implementing branding strategies can increase the number of students, and what are the advantages of branding strategies implemented at the Mutiara Hati IT Kindergarten, Klaten, Central Java. The method used in this research is qualitative with a field research approach. The results of the research show that at the IT Mutiara Hati Kindergarten, Klaten, Central Java, the school's branding strategy uses digital marketing strategies. By using digital marketing strategies, we have succeeded in increasing the number of student. Using a digital marketing strategy has several advantages: it is easy, cheap, has a wide target reach, and can be targeted.</em></p>2024-10-21T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Kindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia