https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/kindergarten/issue/feed Kindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia 2023-12-09T02:53:03+00:00 Open Journal Systems https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/kindergarten/article/view/1195 IMPLEMENTASI EVALUASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI KB AISYIYAH QURROTA AYUN BOJONEGORO 2023-12-06T14:30:12+00:00 Nurul Novitasari Novitasari [email protected] <p>Evaluating learning is an activity that is said to be very important to do in order to know the success in a learning process which will be informed to children and parents of students. This evaluation can be used as a benchmark for the extent of student development and can be very helpful for educators to follow up if there are problems and delays in the learning process that students receive. Evaluation of learning in KB Aisyiyah Qurrota Ayun Bojonegoro was carried out based on research results from observations, interviews, and documentation analysis of learning at KB Aisyiyah Qurrota Ayun Bojonegoro. The implementation of the Learning Evaluation at the Bojonegoro KB Aisyiyah Qurrota Ayun Bojonegoro was carried out when learning was taking place through natural observations of children, with questions and answers or observations. The assessment tools used in the KB Aisyiyah Qurrota Ayun Bojonegoro are the results of the work, anecdotal notes, and the Rating Scale. This assessment instrument is used to assess the results of children's development as a basis for description at the end of the semester report. This assessment can also be used as an indicator of a child's ability to receive.</p> 2023-12-06T06:20:43+00:00 Copyright (c) 2023 Kindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/kindergarten/article/view/2044 Analisis Bibliometrik Trend Reset Management Sarana APE Indoor Efektif Meningkatkan Kreativitas Berbasis Data Scopus Tahun 2003-2023 2023-12-06T14:30:12+00:00 Intan Asyikin Rantikasari [email protected] <p>APE indoor merupakan sarana dalam mengembangkan aspek perkembangan anak. salah satu aspek yang dapat dikembangkan adalah aspek kreativitas anak. Penelitian ini bertujuan mengetahuan perkembangan riset tentang management sarana APE indoor efektif meningkatkan kreativitas anak usia dini dengan menggunakan data berindeks scopus tahun 2003-2023. Pengumpulan dilakukan dengan menggunakan aplikasi R studio dengan kata kunci management, game, creativity. Untuk menganalisis tren riset, topik yang paling banyak ditliti menggunakan aplikasi R studio. Hasil penelitian menunjukkan publikasi tertinggi yakni pada tahun 2023 dengan topik yang paling banyak digunakan yakni human, article, teaching, education, creativity, project management, software design, game theory. Peneliti paling produktif yakni Simon L yang menghasilakan sebanyak 3 artikel jurnal penelitian.</p> 2023-12-06T06:24:53+00:00 Copyright (c) 2023 Kindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/kindergarten/article/view/2004 Strategi Demonstrasi Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo 2023-12-06T15:28:10+00:00 Fharadena Chyeneza Aulia [email protected] <p>Kecerdasan naturalis merupakan kemampuan anak untuk mengenali, membedakan dan mengelompokkan segala hal yang berkaitan dengan alam baik itu flora maupun fauna. Melalui kecerdasan naturalis maka dapat menanamkan sikap cinta terhadap alam, dengan adanya kecerdasan naturalis pada anak, membuat anak sejak dini peka terhadap lingkungannya yaitu flora, fauna, gunung-gunung, awan, dan lain sebagainya. Kecerdasan naturalis yang dimiliki anak usia dini di TA Al-Manaar Ngabar ini sangat bervariasi. Terdapat anak yang kecerdasan naturalisnya masih kurang berkembang maka dibutuhkan strategi untuk mengembangkan kecerdasan naturalis tersebut, sebagaimana dalam penelitian sangat penting untuk mengkaji strategi demonstrasi guru dalam mengembangkan kecerdasan naturalis.</p> <p><strong>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; </strong>Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan penerapan strategi demonstrasi yang dilakukan oleh guru di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo; (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kecerdasan naturalis anak usia dini di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo; dan (3) mendeskripsikan capaian perkembangan kecerdasan naturalis yang dilakukan oleh guru melalui strategi demonstrasi di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Pendekatan pada penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis daata menggunakan konsep miles dan huberman meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penyimpulan data.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Hasil penelitian ini adalah: (1) penerapan strategi demonstrasi yang dilakukan oleh guru di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo dilakukan dengan tiga tahapan yaitu mempersiapkan bahan yang akan diajarkan, pelaksanaan pembelajaran dan penutup. (2) faktor pendukung dan faktor penghambat kecerdasan naturalis anak antara lain: ada tiga hal faktor pendukung peningkatan kecerdasan naturalis melalui strategi demonstrasi antara lain: 1). Sarana dan prasarana strategi guru dengan memfasilitasi ruang sentra bahan alam, 2). APE (Alat Permainan Edukatif) untuk meningkatkan kecerdasan naturalis, 3). Lingkungan sekitar sekolah. Sedangkan ada dua hal faktor penghambat peningkatan kecerdasan naturalis secara internal dan secara eksternal. Secara internal yaitu minat pada diri anak dan secara eksternal yaitu faktor lingkungan. (3) capaian perkembangan kecerdasan naturalis yang dilakukan oleh guru melalui strategi demonstrasi di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo menunjukkan anak berkembang sesuai harapan.</p> 2023-12-06T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Kindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/kindergarten/article/view/1954 Profil Kesiapan Anak Bersekolah pada Jenjang Pendidikan Dasar di TK Muslimat NU 001 Ponorogo 2023-12-09T02:53:03+00:00 Febri Cahyani [email protected] Umi Rohmah [email protected] <table width="586"> <tbody> <tr> <td width="586"> <p>Kesiapan anak untuk sekolah didefinisikan sebagai kemampuan anak mengelola dirinya dalam hal pengetahuan, keterampilan, dan sosial emosional yang merupakan hasil interaksi anak secara terus-menerus dengan berbagai pengalaman di lingkungan anak tumbuh dan berkembang sehingga dapat beradaptasi dengan tantangan belajar di jenjang berikutnya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus di TK Muslimat NU 001 Ponorogo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) strategi yang diterapkan guru dalam mempersiapkan anak bersekolah pada jenjang pendidikan dasar di antaranya strategi pembelajaran langsung dan strategi pembelajaran tidak langsung dengan memberikan program layanan dan fasilitas seperti alat permainan edukatif, buku bacaan, dan majalah; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan anak bersekolah pada jenjang pendidikan dasar adalah kematangan, yaitu kondisi anak berupa keadaan kesehatan dan emosional yang baik, lingkungan sekitar, seperti keluarga, sekolah, dan masyarakat, serta peran guru; (3) kesiapan anak bersekolah memasuki pendidikan dasar di TK Muslimat NU 001 Ponorogo berbeda-beda, akan tetapi mayoritas berkembang sesuai harapan (BSH), hal ini dibuktikan dengan kemampuan mencapai beberapa indikator kriteria kesiapan anak bersekolah pada jenjang pendidikan dasar.</p> <p><strong>K</strong><strong>ata Kunci : </strong><strong>&nbsp;</strong><em>Kesiapan Anak</em><em> Bersekolah</em><em>, Anak Usia Dini, </em><em>Pendidikan Dasar</em></p> <table width="586"> <tbody> <tr> <td width="586">&nbsp;</td> </tr> </tbody> </table> </td> </tr> </tbody> </table> 2023-12-06T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Kindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/kindergarten/article/view/2039 Stimulasi Pengembangan Fisik Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Handicraft Dengan Kertas Origami 2023-12-06T15:30:33+00:00 Dwi Nur Aini Dwi Nur Aini [email protected] Yuli Salis Hijriyani [email protected] <p>Di TK PGRI 1 Ngilo-Ilo Slahung Ponorogo peneliti mendapatkan permasalahan fisik motorik halus anak usia dini, peneliti menemukan beberapa anak yang seperti anak terlihat&nbsp; kesulitan dalam memegang pensil dan menyalin menulis bentuk huruf dan beberapa anak terlihat kurang mampu dalam menggambar bentuk benda. Dari temuan diatas maka peneliti menyimpulkan bahwa masih lemahnya koordinasi antara mata dengan tangan serta keterampilan jari-jemari anak masih rendah. Artikel ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui stimulasi pengembangan fisik motorik halus anak usia dini melalui kegiatan <em>handicraft </em>dengan kertas origami di TK PGRI 1 Ngilo-Ilo Slahung Ponorogo; 2) untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi stimulasi pengembangan fisik motorik halus anak usia dini melalui kegiatan <em>handicraft </em>dengan kertas origami di TK PGRI 1 Ngilo-Ilo Slahung Ponorogo; 3) untuk mengetahui capaian perkembangan fisik motorik halus anak usia dini melalui kegiatan <em>handicraft </em>dengan kertas origami di TK PGRI 1 Ngilo-Ilo Slahung Ponorogo. Teknik pengumpulan data yang dikutip dari tokoh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) stimulasi pengembangan fisik motorik halus anak usia dini melalui kegiatan <em>handicraft </em>dengan kertas origami dilakukan dengan cara kegiatan mengganyam,&nbsp; origami bentuk kapal laut, pesawat terbang, meronce bunga dan menempel; (2) faktor <em>eksternal </em>dan <em>internal </em>&nbsp;dalam kegiatan menstimulus perkembangan fisik motorik halus anak usia dini melalui kegiatan <em>handicraft </em>dengan kertas origami,&nbsp; untuk <em>eksternal </em>adalah keturunan atau gen, makanan sehat bergizi, masa sebelum melahirkan, kecerdasan, dan kesehatan diri anak sedangkan faktor <em>internal </em>adalah pola asuh, kesehatan, perbedaan tradisi, jenis kelamin dan (3) capaian <em>handicraft </em>kertas origami terlihat anak melalui proses menggambar sesuai gagasan, menirukan bentuk, megang alat tulis dengan benar, menggunting, menempel dan menunjukan diri dengan gerakan. Berdasarkan standar tingkat pencapaian perkembangan anak melalui kegiatan <em>handicraft </em>dengan kertas origami untuk meningkatkan perkembangan motorik halus di TK PGRI 1 Ngilo-Ilo Slahung Ponorogo.</p> 2023-12-06T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Kindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/kindergarten/article/view/2828 Peran Pola Asuh Orang Tua dalam Penanaman Kemandirian Anak Usia Dini di Kelurahan Kramat Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk 2023-12-06T15:36:23+00:00 Al Baqi [email protected] Silma Raizhannah Maulida [email protected] <p>Parenting patterns are all interactions carried out by parents to provide support to children, by changing behavior, mentality and values ​​that make a child an independent, confident person and have a high curiosity. The aim of this research is (1) to determine the profile of parenting patterns in Kramat Village, Nganjuk District, Nganjuk Regency (2) the factors that influence the independence of early childhood in Nganjuk District, Nganjuk District (3) the contribution of parental parenting patterns to the independence of young children. early in Kramat Village, Nganjuk District, Nganjuk Regency. This type of research uses qualitative research using case studies, and is descriptive in nature. The research was conducted in Kramat Village, Nganjuk District, Nganjuk Regency. The data collection techniques used were observation, direct interviews and documentation with subjects of four parents of four children aged 4-5 years. Data analysis which includes data reduction, data presentation and drawing conclusions. The data obtained is then carried out in a data analysis process which aims to draw conclusions from the research process. Based on the research results that have been obtained, there are three types of parenting patterns given by parents, namely democratic parenting, authoritarian parenting and permissive parenting in training the independence of children aged 4-5 years. In parenting patterns to train independence, there are factors that influence children's independence, namely environmental factors, parenting patterns and education. From these factors, there is a contribution from different parenting styles to children's independence, such as democratic parenting, children will become more independent individuals, authoritarian parenting will make children less confident or hesitant, and permissive parenting, children will tend to often ask for help. From this, children's independence can be seen from the child's physical, mental, creative and emotional aspects.</p> 2023-12-06T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Kindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/kindergarten/article/view/2834 IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SENTRA PERSIAPAN DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK A2 TKIT 1 QURROTA A’YUN PONOROGO 2023-12-06T15:40:18+00:00 Siti Qomariah [email protected] Ratna Nila Puspitasari [email protected] <p>Language development is one aspect of a child's developmental stages that <br>should not escape the attention of educators and parents. Therefore, this problem <br>has received great attention from educators so that they can stimulate children's <br>language development from an early age at TKIT 1 Qurrota A'yun Ponorogo. As in <br>the observations made by researchers at TKIT 1 Qurrota A'yun Ponorogo using <br>child-centred learning centers, this institution uses 4 centers, one of which is a <br>preparation center. The preparation center stimulates children to dare to speak, <br>express their opinions, express the feelings they are experiencing. This research aims <br>to determine the development of preparatory learning centers in improving early <br>childhood language development. This research uses qualitative research with a <br>descriptive approach. The techniques used in collecting data are observation, <br>interviews and documentation techniques. The results of this research are that after <br>research was conducted at TKIT 1 Qurrota A'yun Ponorogo using preparatory <br>learning centers, it was proven that early childhood language development was <br>developing as expected. This can be seen from indicators of language development <br>aged 4-5 years regarding understanding language, then indicators of language <br>development aged 4-5 years regarding uncovering language, and then indicators of <br>language development aged 4-5 years regarding literacy.</p> 2023-12-06T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Kindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia