IMPLEMENTASI METODE BERMAIN KARTU ANGKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK MUSLIMAT NU 001 PONOROGO

  • Zam zami Herning Murdaningsih Zam zami Mahasiswa

Abstract

Kemampuan kognitif merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan semua aktivitas mental yang berhubungan dengan persepsi, pikiran, ingatan dan pengolahan informasi yang memungkinkan seseorang untuk mmeperoleh pengetahuan. Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu tempat untuk mengembangkan aspek perkembangan anak seperti perkembangan fisik motori, sosial emosional , bahasa, dan kognitif. Penelitian ni berfokus pada metode kartu angka karena melalui kartu nagka anak bisa paham serta memiliki kemampuan yang kreatif dalam memecahkan masalah dan proses berfikirnya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode bermain kartu angka dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak dan mengetahui ccapaian keberhasilan perkembangan setelah adanya stimulasi metode bermain kartu angka di TK Muslimat NU 001 Ponorogo.

Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif yang dilaksanakan di TK Muslimat NU 001 Ponorogo. Data diperoleh dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pasrtisipan penelitian ini adalah 2 guru yang mengajar di TK A dan 1 wali murid yang menjadi sumber data dalam penelitian ini.

Berdasarkan penelitian yang elah dilakukan perkembangan kognitif anak usia dini yang ada di TK Muslimat 001 Ponorogo sudah 80 % berkembanga dengan baik. Dengan menggunakan metode kartu nagka anak usia dini menjadi lebih aktif dan memiliki antusias yang tinggi dalam mengikuti pembelajaran yang ada dikelas. Berbeda ketika guru belum menggunakan metode kartu angka dalam pembelajaran anak masih banyak yang bermain sendiri dan tidak memperhatikan. Perkembangan kognitif sangatlah penting bagi perkembangan anak usia dini. Dengan memiliki perkembangan kognitif yang baik anak nantinya bisa belajar untuk memecahkan masalah, mulai berfikir, dan memiliki tanggung jawab terhadap tgugas yang telah diberikan oleh gurunya. Trebukti dengan adanya metode bermain kartu angka dalam proses pembelajaran ini perkembangan kognitif anak usia dini terus mengalami peningkatan dan diharapkan dengan adanya metode kartu angka dan perkembangan kognitif yang baik dapat mempersiapkan anak untuk memasuki ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Published
2022-12-30